Ganjar Bakal Bangun Peta Jalan Selatan - Selatan Demi Buka Lapangan Pekerjaan

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menegaskan pentingnya peta jalan untuk memperkuat kerja sama Selatan-Selatan.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan saat wawancara khusus dengan Lembaga Kantor Berita Nasional Antara di Jakarta, Rabu (13/12/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan saat wawancara khusus dengan Lembaga Kantor Berita Nasional Antara di Jakarta, Rabu (13/12/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Bisnis.com, JAKARTA — Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menegaskan pentingnya peta jalan untuk memperkuat kerja sama Selatan-Selatan. Hal ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan rantai pasok global yang bersumber dari kekayaan alam, baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di negara-negara berkembang di selatan bumi, seperti Amerika Selatan, Afrika, Asia Selatan serta Asia Tenggara.

Ganjar mengatakan, negara-negara selatan memiliki potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan bersama. Potensi inilah yang harus dimanfaatkan untuk memperkuat kerja sama.

Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode itu mencontohkan, negara Selatan-Selatan bisa bekerja sama untuk mengembangkan teknologi baterai Electric Vehicle (EV).

"Kalau kita mau konsentrasi untuk meningkatkan kekuatan yang berbasis pada sumber daya alam, ambil satu saja, teknologi baterai EV. Kita perkuat kerja sama Selatan-Selatan. Nikel kita miliki, bauksit kita bisa share dengan negara lain, ada juga lithium  dengan Argentina. Kalau ini bisa kita konsentrasikan penuh, betapa kekuatan ekonomi akan besar," terang Ganjar pada  debat ketiga capres, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) malam. 

Menegaskan pernyataan Ganjar, Direktur Pangkalan Data Politik 5.0 TPN Reyhan Noor mengatakan, sumber daya strategis mayoritas berada di wilayah selatan. 11 dari 15 eksportir minyak mentah berasal dari negara selatan, demikian pun 6 dari 10 produsen mineral strategis berasal dari negara selatan. 

Oleh karena itu, Indonesia akan mengintensifkan kerja sama dengan negara-negara selatan dengan membangun desain besar rantai pasok dari selatan. “Inisiatif tersebut akan diiringi oleh pembangunan konektivitas antarpelabuhan yang menghubungkan wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah, hingga Pantai Barat Afrika,” katanya.

Di mata Ganjar, jika kekuatan dan potensi ekonomi Selatan-Selatan ini dioptimalkan bersama, maka akan mampu menciptakan pembukaan lapangan kerja secara luas. Indonesia pun bisa memanfaatkannya untuk menyambut datangnya bonus demografi.

"Kita bisa jemput bola menyiapkan SDM untuk bisa meraih lapangan kerja dari kerja sama teknologi baterai EV. Itu akan berimbas bagi rakyat kecil yang butuh lapangan kerja," ungkap Ganjar.

Pernyataan Ganjar tentang penguatan peta jalan Selatan-Selatan ini diungkapkan saat menjawab pertanyaan terkait posisi Indonesia sebagai inisiator Dasa Sila Bandung pada 1955. 

Semangat itulah yang kemudian memantik inspirasi untuk membangun kerja sama Selatan-Selatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper