Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabadiklat Kementerian Prabowo Dipromosikan jadi Pangdam Jawa Tengah, 183 Perwira TNI Dirotasi

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menerbitkan SK mutasi sejumlah perwira tinggi. Kabadiklat Kementerian Pertahanan jadi Panglima wilayah Jawa Tengah dan DIY.
Presiden Jokowi melantik Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023) / Setpres
Presiden Jokowi melantik Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023) / Setpres

Bisnis.com, JAKARTA -- Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan rotasi perwira dalam jumlah besar jelang gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melalui Surat Keputusan (SK) Nomor Kep/1470/XII/2023 melakukan perubahan personil di sejumlah wilayah. Surat ini ditandatangani kemarin dan dikonfirmasi Antara hari ini, Selasa (19/12/2023).

Dalam SK ini, panglima daerah militer (Pangdam) yang dirotasi yakni Mayjen TNI Widi Prasetijono. Sosok yang semula menjabat Pangdam IV/Diponegoro mendapatkan promosi sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Dankodiklatad).

Posisi Pangdam Dipenogoro yang membawahi wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini kemudian diisi oleh Mayjen TNI Tandyo Budi Revita.

Budi sebelumnya menjabat Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Kementerian Pertahanan (Kabadiklat Kemenhan) RI.

Mutasi panglima wilayah juga terjadi untuk area Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat yang tergabung dalam Pangdam XIV/Hasanuddin. Mayjen TNI Totok Imam yang semula memimpin wilayah ini dirotasi sebagai Direktur Pascasarjana Universitas Pertahanan.

Pangdam XIV/Hasanuddin kemudian diisi oleh Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, yang sebelumnya menjabat Komandan Sekolah Calon Perwira TNI AD (Dansecapaad).

Panglima Agus juga memutasi Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufanto, yang saat ini membantu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai Sekretaris Jenderal Kemhan RI.

Donny ditarik kembali ke Markas Besar TNI AU sebagai perwira tinggi dalam rangka pensiun. Belum disebutkan pengganti untuk posisi Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan.

Perwira tinggi berikutnya yang dirotasi adalah Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah. Nama yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) ini digeser sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI.

Maman bertukar posisi dengan Letjen TNI Eko Margiyono, yang sebelumnya mengisi Dankodiklat TNI.

Eko yang menjadi Wagub Lemhannas. Akan tetapi, Maman dan Eko masih menunggu keputusan dari presiden sebelum resmi mengisi posisi barunya itu.

Perwira tinggi berikutnya yang dirotasi adalah Laksamana Muda TNI Julius Widjojono, kepala pusat penerangan TNI. Sosok Julius dimutasi menjadi staf khusus kepala staf TNI Angkatan Laut (Kasal).

Pos ini kemudian diisi oleh Brigjen TNI R. Nugraha Gumilar yang sebelumnya menjabat perwira staf ahli kepala staf TNI Angkatan Darat (Kasad).

Dalam SK itu, Panglima TNI juga merotasi sejumlah perwira tinggi di lingkungan Badan Intelijen Negara (BIN). Beberapa di antaranya, yaitu Brigjen TNI Sunaryo, yang sebelumnya menjabat Direktur Amerika dan Eropa BIN.

Sunaryo digeser menjadi Agen Intelijen Ahli Madya Direktorat Asia Pasifik BIN. Kemudian, Brigjen TNI Andrianus Suryo Agung N, yang sebelumnya menjabat Direktur Maluku dan Papua BIN, saat ini menjadi staf ahli bidang ideologi dan politik BIN.

Kolonel Chb I Wayan Sueda dipromosi sebagai Direktur Maluku dan Papua BIN. Brigjen TNI Leo Rajendra Ratna Begum, yang sebelumnya mengisi jabatan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kalimantan Timur, juga dimutasi sebagai agen intelijen ahli madya pada Direktorat Maluku dan Papua BIN.

Kolonel Inf. Bobby Prabowo, yang sebelumnya menjabat Kasubdit Sulawesi Wilayah II BIN, menerima promosi sebagai Direktur Sulawesi dan Nusa Tenggara BIN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper