Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BP Batam Hapus Opsi Rusun untuk Relokasi Warga Pulau Rempang, Diganti Ruko

Badan Pengusahaan (BP) Batam memutuskan untuk tidak merelokasi warga Pulau Rempang ke rumah susun karena mayoritas masyarakat menolak.
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi saat konferensi pers dengan media di Marketing Centre BP Batam, Selasa (26/9/2023)/Bisnis-Rifki
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi saat konferensi pers dengan media di Marketing Centre BP Batam, Selasa (26/9/2023)/Bisnis-Rifki

Bisnis.com, BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam memutuskan untuk tidak merelokasi warga Pulau Rempang ke rumah susun karena mayoritas masyarakat menolak.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan pihaknya menawarkan opsi relokasi sementara ke ruko bagi warga Sembulang di Pulau Rempang. Opsi ruko menggantikan rusun, yang sama sekali tidak diminati warga.

"Sebanyak 99,99 persen Warga Rempang tidak mau ke rusun, mungkin karena ruang geraknya terbatas. Jadi saya tak akan bicara rusun lagi. Sebagai gantinya, kami tawarkan ruko. Sekarang sudah ada 500 unit," kata Kepala BP Batam, Muhammad Rudi di Batam, Rabu (27/9/2023).

Saat ini selain 500 unit ruko kosong, BP Batam juga menawarkan rumah tapak sebagai lokasi relokasi sementara, misalnya di Perumahan Bida 3 Sambau.

BP Batam juga menegaskan bahwa tidak ada lagi batas waktu pengosongan pulau, yang sebelumnya ditetapkan pada 28 September 2023. Upaya pendekatan akan terus dilakukan, bahkan sampai rumah relokasi permanen di Tanjung Banon dan Dapur 3 sudah jadi.

"Kami punya keinginan agar ini cepat selesai. Biaya sewa dan uang makan warga ditanggung BP Batam. Semakin cepat kami bangun, maka akan semakin irit buat BP Batam. Kalau semakin lama, maka semakin banyak uang keluar," paparnya.

Seperti yang diketahui, ada 5 kampung di Sembulang yang akan direlokasi, yakni Pasir Panjang, Pasir Merah, Sembulang Hulu, Sembulang Tanjung dan Belongkeng. Nama terakhir akan menjadi lokasi menara pengembang Pulau Rempang, yakni PT Makmur Elok Graha (MEG). Luas lahan untuk menara sebesar 350 hektar, yang akan dinamai Menara Rempang. 

Mengenai rencana pemindahan, rencananya 1.000 KK dari 2.700 KK di Sembulang akan direlokasi ke Tanjung Banon. "Kalau Tanjung Banon 1.000 KK, maka nanti Dapur 3 1.700 KK, tapi kalau semuanya mau pindah ke Tanjung Banon, maka tidak ada masalah," katanya lagi.

Sebelumnya, BP Batam telah menyediakan hunian sementara berupa rusun, pemerintah menyiapkan Rusun BP Batam, Rusun Pemko Batam dan Rusun Jamsostek.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol Ariastuty Sirait menjelaskan, bagi masyarakat yang menempati rusun nantinya bisa memperoleh berbagai fasilitas lengkap. Salah satunya dengan tipe studio kamar.

Di dalam kamar ini, fasilitas disediakan di antaranya 2 tempat tidur, lemari pakaian, bantal, kasur, kamar mandi dalam, kipas angin, dapur, gorden, meja dan kursi.

Sementara itu, di luar kamar, tersedia tempat ibadah, pengamanan 24 jam, sarana olah raga, tempat cuci tangan, area komersil (minimarket), dan tempat parkir.

Hingga saat ini, laporan dari tim di lapangan sebanyak 110 KK telah mendaftar dan siap dipindahkan. Secara akumulasi, ada 901 unit hunian sementara yang tengah disiapkan pemerintah baik rumah tapak, rusun maupun ruko.

“Mari bersama kita dukung program ini, semoga berjalan lancar,” seru Ariastuty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper