Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dituduh Terima Rp27 Miliar dari Proyek BTS, Menpora Dito Klarifikasi ke Kejagung Siang Ini

Menpora Dito Ariotedjo memastikan memberikan keterangan saat hadir di Kejagung pada hari ini, Senin (3/7/2023).
Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan akan memberikan keterangan saat hadir ke Kejaksaan Agung (Kejagung) pada hari ini, Senin (3/7/2023), terkait kasus korupsi BTS 4G.

Dito menyebut hadir memenuhi panggilan pihak Kejagung terkait kapasitasnya sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi Base Transceiver Station (BTS) 4G BAKTI Kemkominfo.

“Saya akan memberikan keterangan dan biar informasinya tidak sumir. Saya akan hadir ke Kejaksaan Agung nanti rencananya jam 1 siang,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (3/7/2023).

Meski begitu, Dito mengaku belum memberikan laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal pemanggilannya tersebut, sebab menurutnya kasus itu terjadi saat dirinya belum masuk dalam Kabinet Indonesia Maju.

“Nggak, nggak [belum lapor] itu kan urusannya saya dituduhnya waktu saya bukan jadi menpora dan itu tuduhan. Ya, nggak papa lah kita nanti akan memberikan keterangan dan juga klarifikasi,” katanya.

Lebih lanjut, Dito mengakatan bahwa dirinya tak mempersiapkan bekal khusus untuk memenuhi panggilan Kejagung, dia akan lebih mengutamakan hadir sebagai saksi.

“Itu juga enggak [menyiapkan atau membawa sesuatu] karena benar-benar sumir dan saya tidak tahu apa-apa nanti kita datang aja,” imbuhnya.

Kendati tak melapor ke Presiden, Dito menyebut telah menginformasikan undangan tersebut kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno untuk meminimalisir adanya warta yang beredar.

“Tadi saya hanya melaporkan ke Pak Mensesneg bahwa akan hadir ke kejaksaan, karena takutnya [pemanggilan ini] bisa mengganggu isu-isu nasional jadi saya melaporkan,” ucapnya.

Menurutnya, secara pasti ada yang perlu diklarifikasi saat hadir pada siang nanti untuk meluruskan informasi miring tentang dirinya yang sedang beredar luas saat ini.

“Yang pasti kalau dari yang saya baca, saya sama sekali tidak pernah ketemu tidak pernah mengenal apalagi menerima, makanya saya senang bisa datang ke kejaksaan karena waktu minggu lalu kan saya dari Berlin jadi belum sempat dan langsung long weekend cuti nasional. Jadi, hari inilah forum resmi dan momentum yang saya rasa sangat baik juga untuk semuanya,” pungkas Dito.

Sekadar informasi, dalam penggalan berita acara pemeriksaan (BAP) yang beredar, nama Dito Ariotedjo disebut oleh tersangka Irwan Hermawan. 

Dito Ariotedjo diduga menerima Rp27 miliar dari dana proyek BTS BAKTI Kominfo, tetapi tidak disebut untuk keperluan apa penerimaan tersebut. 

Untuk diketahui, dugaan terkait dengan penerimaan uang disebutkan terjadi pada rentang November hingga Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper