Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Momen Khusyuk Salat Iduladha Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin

Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin menunaikan salat Iduladha 1444 Hijriyah di tempat berbeda. Jokowi salat di Yogyakarta, sedangkan Maruf di Jakarta
Momen Khusyuk Salat Iduladha Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin / Setpres - Kris
Momen Khusyuk Salat Iduladha Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin / Setpres - Kris

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin menunaikan salat Iduladha 1444 Hijriyah di tempat berbeda. Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo salat di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta, sedangkan Wapres di Masjid Istiqlal Jakarta.

Dilansir dari Antara, Kamis (29/6/2023), Presiden Jokowi menempati saf paling depan, sedangkan Ibu Iriana menempati tempat yang telah ditentukan bagi jemaah wanita di sebelah kiri.

Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih, sarung warna hitam dengan corak putih serta kopiah hitam. Kepala Negara duduk di samping Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, yang juga merupakan adik ipar Presiden.

Momen Khusyuk Salat Iduladha Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin

Suasana salat Iduladha di Istana Kepresidenan Yogyakarta / Setpres - Kris

Sebelum salat Iduladha dilaksanakan, takbir dan tahmid terus dilantunkan dipimpin oleh Maulana Hasbulloh sebagai bilal.

Salat iduladha dimulai tepat pukul 06.30 WIB dipimpin oleh imam Jauhar Mustofa yang sehari-hari bertugas sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Agama.

Adapun khotbah juga disampaikan Jauhar Mustofa dengan tema "Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS".

"Hikmah dari disyariatkannya Iduladha dan berkurban yang dapat diambil dari kisah nabi Ibrahim dan Ismail dalam menjalankan perintah Allah adalah pertama menjaga totalitas dalam beribadah dan menjaga syariatnya, totalitas dalam menjalankan ketaatan dan menaati perintah Allah dan rasulnya," kata Jauhar.

Selain dihadiri oleh Presiden Jokowi dan keluarga, ratusan masyarakat umum juga mengikuti salat Id dengan khusyuk.

Selesai menunaikan salat Iduladha, sekitar pukul 07.00 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Gedung Agung. Sambil berjalan, Presiden menyempatkan menyapa jemaah di beberapa saf terdepan.

Pada Iduladha tahun ini, Presiden Jokowi juga menyerahkan 38 ekor sapi ke 38 provinsi dengan bobot bervariasi antara 900 kg - 1,2 ton.

Salat Iduladha Wapres

Wapres Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin pagi ini menunaikan ibadah Salat Iduladha di Masjid Istiqlal. Wapres menggunakan pakaian bernuansa putih dan sorban berwarna senada, ditambah dengan jas hitam.

Tidak lupa peci hitamnya yang tampak serasi dengan sarung dengan perpaduan warna kuning dan abu-abu. Wapres pun beranjak dari Kediaman Resmi pada pukul 06.45 WIB.

Dilansir dari keterangan resmi, saat tiba di Masjid Istiqlal Wapres disambut oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin, Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Ahmad Zayadi, serta Plt. Ketua Harian Masjid Istiqlal Laksma TNI (Purn) Asep Saepudin.

Momen Khusyuk Salat Iduladha Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin

Wapres Ma'ruf Amin salat Idulfitri di Masjid Istiqlal Jakarta / BPMI Setwapres

Selanjutnya, salat dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB. Tampak hadir di dalam masjid sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, serta para Duta Besar Negara Sahabat.

Hari Raya Iduladha 1444 H ini menjadi kali pertama diselenggarakan pascapencabutan status pandemi Covid-19 yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Juni 2023 yang lalu.

Pada penyelenggaraan Salat Iduladha Tingkat Kenegaraan di Masjid Istiqlal 1444 H/2023 M kali ini bertindak sebagai imam, yaitu Ustaz Moh. Salim Ghazali, SQ. dan Muadzin oleh Ust. Ilham Mahmuddin, S.Pd. sementara khotib oleh Abdul Muqsith Ghazali.

Dalam khutbahnya beliau mengusung tema "Spirit Idul Adha Tingkatkan Solidaritas Kemanusiaan dan Kedermawanan".

Usai melaksanakan salat, acara dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban Sapi Limousin yang diserahkan oleh Wapres kepada Plt. Ketua Harian Masjid Istiqlal Laksma TNI (Purn) Asep Saepudin. Pada kesempatan ini Wapres juga menyerahkan hewan kurban Sapi dari Presiden Joko Widodo.

Dalam keterangan singkatnya usai menyerahkan hewan kurban, Wapres mengajak masyarakat untuk dapat memberikan bantuan terhadap sesama melalui penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat yang mampu

"Semangat solidaritas membantu masyarakat juga sesuai dengan perintah agama, maka saya mengajak semuanya untuk mari kita meramaikan bukan hanya saja dengan takbir, tetapi juga dengan menyembelih kurban," ungkap Wapres.

Sebelumnya, saat memberikan ucapan Iduladha kepada seluruh umat muslim, Wapres mengajak masyarakat untuk dapat merayakan Iduladha dengan penuh kesederhanaan dan rasa syukur atas nikmat dari Sang Pencipta, serta tidak lupa untuk membantu antarsesama.

“Mari kita rayakan Iduladha tahun ini dalam kesederhanaan dan rasa syukur yang khidmat, seraya tetap menyalakan semangat untuk membantu sesama,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper