Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Momen Menarik di Rakernas III PDIP Hari Pertama

Ada sejumlah kejadian menarik yang terjadi saat Rakernas III PDIP pada Selasa (6/6/2023).
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof. Dr. (Hc) Megawati Soekarnoputri resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6/2023)./Dok. PDIP
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof. Dr. (Hc) Megawati Soekarnoputri resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6/2023)./Dok. PDIP

Bisnis.com, JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) telah menggelar rapat kerja nasional (rakernas) III hari pertama pada Selasa (6/6/2023). Ada beberapa kejadian menarik pada hari itu.

Rakernas III PDIP ini dijadwalkan berlangsung tiga hari, yaitu mulai pada 6 hingga 8 Juni 2023. Nantinya, pada hari terakhir pihak PDIP akan mengungkapkan rekomendasi dari rakernas III ini.

Meski begitu, dalam penyelenggaraan hari pertama sudah banyak momen menarik yang tercipta. Pada hari pertama ini, hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga hadir untuk membuka secara resmi rakernas III ini. Selain itu, tampak juga bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo.

Baik Jokowi, Megawati, dan Ganjar menyampaikan pidato politik di depan kader PDIP yang hadir—mulai dari pengurus pusat hingga daerah, serta pemimpin daerah hingga pengurus fraksi PDIP DPR RI.

Lalu, apa saja momen menarik dari rakernas III PDIP hari pertama ini? Berikut rangkumannya.

Megawati Benahi Kopiah Ganjar

Momen menarik terlihat antara Megawati dan bakal Ganjar saat pembukaan rapat kerja nasional (rakernas) III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Saat itu, Megawati baru sampai di lokasi penyelenggaraan rakernas. Beberapa elite PDIP seperti Ketua DPP Prananda Prabowo, Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, mantan Sekretaris Jenderal Pramono Anung, dan Ganjar Pranowo langsung menyambut presiden ke-5 RI itu.

Megawati lalu menyalami mereka satu persatu. Namun, perhatiannya tertuju kepada Ganjar. Megawati merasa kopiah yang dikenakan Ganjar kurang presisi.

"Jangan gitu, sini Ibu rapihin," ujar Megawati kepada Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah yang lebih tinggi dari Mega spontan menundukkan kepalanya. "Nggeh, Ibu," jawab Ganjar.

Megawati pun merapihkan posisi kopiah di kepala Ganjar. "Begini bagus, lebih gagah," ucapnya.

Megawati Diapit Jokowi dan Ganjar

Tempat duduk Megawati, Jokowi, dan Ganjar di rakernas III hari pertama ini pun cukup menarik. Saat itu, Megawati duduk diapit oleh Jokowi dan Ganjar.

Tempat duduk Ganjar pun juga menarik perhatian karena berada di deretan paling depan, persis di samping kiri Megawati.

Bisa dikatakan posisi duduk Ganjar "naik kelas" jika dibandingkan dengan posisinya pada HUT PDIP ke-50 pada 10 Januari 2023. Saat itu, Ganjar yang belum diumumkan sebagai capres duduk bukan di barisan depan melainkan di barisan kepala daerah dari PDIP.

Dalam perayaan HUT PDIP ke 50 itu, baris kursi depan diperuntukkan untuk para pejabat negara seperti Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Megawati.

Ada pula Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto serta putra-putri Megawati yang juga menduduki jabatan strategis partai, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Jokowi Gandeng Megawati

Presiden Jokowi juga terlihat bergandengan tangan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat turun dari tangga panggung.

Momen tersebut terjadi usai Jokowi menerima hadiah foto dari Megawati di atas panggung utama rakernas III PDIP. Tampak, foto itu merekam momen kebersamaan Jokowi bersama Megawati beserta calon presiden PDIP Ganjar Pranowo serta elite PDIP lainnya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo di Batu Tulis.

Mereka kemudian berpose dengan jari membentuk metal saat prosesi penyerahan foto di atas panggung acara Rakernas III. Setelah prosesi penyerahan foto selesai, pembawa acara mempersilakan Jokowi dan Megawati beserta Ganjar, Puan, dan Prananda kembali ke kursi masing-masing.

Megawati terlihat jalan lebih dahulu. Namun, Jokowi langsung menghampiri dari belakang sampai bergerak persis di sisi kiri Megawati.

Orang nomor satu di Indonesia itu kemudian terlihat langsung sigap memegang erat tangan kiri Megawati dengan tangan kanan, ketika ingin menuruni tangga panggung utama. Megawati terlihat senyum-senyum dengan tingkah Jokowi itu. Jokowi pun ikut tersenyum

Sementara itu, Puan bersama Prananda dan Ganjar terlihat berjalan di belakang Jokowi serta Megawati yang bergandengan.

Megawati Bela Jokowi

Megawati membela Jokowi yang sempat dikritik soal pembangunan jalan, salah satunya oleh bakal calon presiden Anies Baswedan.

Megawati merasa, pihak yang mengkritik kinerja Jokowi seakan tutup mata atas segala pencapaian yang telah dilakukan orang nomor satu di Indonesia itu. Dia mengatakan kritik soal pembangunan jalan itu kurang bijaksana.

"Kalau kita lihat kerja Pak Jokowi itu, dari Pak Jokowi [periode] 1 sampai Pak Jokowi [periode] 2 itu kan kelihatan sekali. Jadi kalau ada orang seperti tutup mata mengatakan bahwa kerja Pak Jokowi itu membuat transportasi dalam pengertian jalan itu, ya saya pikir orang itu kurang bijaksana," ujar Mega usai pembukaan Rakernas III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Dia menjelaskan, segala jenis pembangunan tak bisa dilakukan dari ruang hampa. Seorang pemimpin pemerintahan, lanjutnya, harus memperhatikan anggaran sebelum melaksanakan pembangunan.

"Membangun itu dari sisi ekonomi kan bukan tangan kosong. Apapun juga sudah harus dibahas dan itu kita punya tata pemerintahan yang anggarannya mencukupi atau tidak," ucap presiden ke-5 ini.

Pada kesempatan itu, Megawati juga membantah menekan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tegak lurus mendukung calon presiden Ganjar Pranowo dalam ajang Pilpres 2024.

Dia mengakui dirinya yang menunjuk Jokowi untuk maju dalam Pilpres 2013 dan 2019. Meski begitu, Jokowi sudah dipilih oleh rakyat. Megawati menegaskan bahwa dirinya orang yang tahu aturan. Oleh sebab itu, dia tak akan menekan seorang presiden.

"Ngapain saya nekan presiden. Itu yang harus bisa dibedakan. Saya ini orang taat aturan," ujar Megawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Jokowi Nasihati Ganjar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper