Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Tuding Ukraina Pelaku Ledakan Bom yang Menewaskan Blogger Militer Vladlen Tatarsky

Rusia menyalahkan dan menuding Ukraina di balik pembunuhan blogger militer terkenal Vladlen Tatarsky di sebuah kafe pada Minggu (2/4/2023) di St Petersburg.
Penyelidik bekerja di lokasi ledakan di sebuah kafe di Saint Petersburg, Rusia 2 April 2023. REUTERS/Anton Vaganov
Penyelidik bekerja di lokasi ledakan di sebuah kafe di Saint Petersburg, Rusia 2 April 2023. REUTERS/Anton Vaganov

Bisnis.com, JAKARTA – Pihak Rusia menyalahkan dan menuding Ukraina di balik pembunuhan blogger militer terkenal Vladlen Tatarsky di sebuah kafe pada Minggu (2/4/2023) di St Petersburg.

Melansir Reuters, Senin (3/4/2023), seorang pejabat terkemuka Rusia menuding Ukraina, tanpa memberikan bukti. Seorang penasihat Presiden Ukraina mengatakan "terorisme domestik" sedang pecah di Rusia.

Sementara, Denis Pushilin, pemimpin yang dipasang Moskow dari bagian Provinsi Donetsk Ukraina yang diduduki Rusia, menyatakan secara terbuka bahwa Ukraina yang harus disalahkan.

"Dia dibunuh dengan keji. Teroris tidak bisa melakukan sebaliknya. Rezim Kyiv adalah rezim teroris. Itu harus dihancurkan, tidak ada cara lain untuk menghentikannya," katanya.

Terpisah, Mykhailo Podolyak, seorang penasihat Presiden Ukraina, menulis di Twitter bahwa itu hanya masalah waktu - "seperti pecahnya abses yang matang" - sebelum Rusia dikonsumsi terorisme domestik.

"Laba-laba saling memakan di dalam toples," katanya.

Kematian Tatarsky menyusul pembunuhan Darya Dugina Agustus lalu, putri seorang ultra-nasionalis terkemuka, dalam serangan bom mobil di dekat Moskow.

Dinas Keamanan Federal Rusia menuduh dinas rahasia Ukraina melakukan serangan itu, yang disebut Putin "jahat". Ukraina membantah terlibat.

Blogger perang Rusia, bermacam-macam koresponden militer dan komentator lepas dengan latar belakang militer, telah menikmati kebebasan luas dari Kremlin untuk menerbitkan pandangan keras tentang perang.

Putin bahkan menjadikan salah satu dari mereka sebagai anggota dewan hak asasi manusianya tahun lalu.

Para blogger itu terkejut dengan berita kematian Tatarsky.

"Dia berada di titik terpanas operasi militer khusus dan dia selalu keluar hidup-hidup. Tapi perang menemukannya di kafe Petersburg," kata Semyon Pegov, yang menulis blog dengan nama War Gonzo.

Alexander Khodakovsky, seorang tokoh pro-Moskow terkemuka di Ukraina Timur, menulis: "Max, jika Anda bukan siapa-siapa, Anda akan mati karena 'vodka dan pilek'. Tapi Anda berbahaya bagi mereka, Anda melakukan bisnis Anda seperti tidak ada orang. lain bisa. Kami akan berdoa untuk Anda, saudara."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper