Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Spesifikasi Kapal Perang Nuklir Kelas Virginia, Alutsista Langka Milik AS yang Dibeli Australia

Berikut ini adalah spesifikasi kapal perang nuklir kelas Virginia milik AS yang akan dibeli oleh Australia.
Ilustrasi kapal selam nuklir Virginia./Armada Argentina-Reuters
Ilustrasi kapal selam nuklir Virginia./Armada Argentina-Reuters

Bisnis.com, SOLO - Secara mengejutkan, Presiden AS, Joe Biden, memberi izin Australia untuk membeli lima kapal selam bertenaga nuklir milik AS.

Padahal sebelumnya, AS dan Inggris melarang negara selain mereka berdua untuk menggunakan kapal selam nuklir ini. Larangan tersebut berkaitan dengan penolakan dua senator top AS terhadap rencana Biden menjual kapal selam langka tersebut.

Pada akhir tahun 2022 lalu, dua senator top AS telah mendesak Presiden Joe Biden untuk tidak menjual kapal selam bertenaga nuklir ke Australia.

Sebab menurut mereka, manuver tersebut hanya akan mengurangi keamanan nasional AS mengingat kapal-kapal itu "langka".

Tapi Biden tampakya punya rencanya sendiri. Biden bahkan telah mengatakan jika beberapa personil angkatan laut Australia tahun ini akan bergabung dengan awak kapal selam nuklir AS dan Inggris untuk memulai pelatihan.

"Mulai tahun ini, personel Australia akan bergabung dengan kru AS dan Inggris di kapal dan di pangkalan di sekolah dan galangan kapal kami. Kami akan meningkatkan kunjungan pelabuhan kami ke Australia."

Ada beberapa jenis kapal selam nuklir yang diproduksi AS, akan tetapi menurut Independent, kapal selam kelas Virginia adalah tipe yang akan segera dikirim ke Australia.

Tentang kapal selam nuklir kelas Virginia

Kapal selam serang bertenaga nuklir kelas Virginia Angkatan Laut AS merupakan alutsista yang dibangun sebagai penerus kelas Los Angeles.

Kapal selam nuklir mematikan ini dirancang sebagai alternatif yang lebih kecil, lebih murah dan lebih serbaguna untuk kelas Seawolf.

Seperti diketahui, kapal selam Seawolf juga menjadi salah satu kapal selam andalan AS. Akan tetapi, kelas Seawolf terlalu mahal dan tidak cukup serbaguna.

Oleh karena itu, Angkatan Laut AS menginginkan generasi baru SSN. Proses produksi Seawolf dihentikan dengan hanya membangun tiga kapal.

Sementara itu, kapal selam serang bertenaga nuklir kelas Virginia yang dikenal sebagai tipe 'siluman' canggih menjadi andalan militer AS sampai saat ini.

Saat ini, setidaknya 38 dari kapal selam ini direncanakan akan ditugaskan dengan Angkatan Laut AS.

Kapal selam kelas Virginia dilengkapi dengan 12 tabung sistem peluncuran vertikal (VLS). VLS dapat meluncurkan 16 rudal jelajah Tomahawk yang diluncurkan dari kapal selam.

Rudal ini memiliki jangkauan 1.700 km dan digunakan untuk menyerang kapal dan sasaran darat.

Kapal kelas Virginia juga memiliki empat tabung torpedo 533 mm. Ini digunakan untuk menembakkan total 26 torpedo kelas berat Mk.48 dan rudal anti-kapal Sub Harpoon. Mengerikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper