Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jerman Tangkap Agen Ganda Mata-Mata Rusia, Diduga Bocorkan Rahasia Negara

Seorang agen dinas intelijen asing Jerman diduga melakukan pengkhianatan dengan menjadi mata-mata dan membocorkan rahasia negara ke Rusia.
Ilustrasi intelijen dan mata-mata.
Ilustrasi intelijen dan mata-mata.

Bisnis.com, JAKARTA – Pihak berwenang Jerman menahan seorang agen dinas intelijen asing negara karena diduga melakukan pengkhianatan dengan menjadi mata-mata dan membocorkan rahasia negara ke Rusia.

Dilansir dari Bloomberg pada Jumat (23/12/2022), jaksa federal Jerman mengatakan agen tersebut diidentifikasi sebagai Carsten L. dan kini telah dijadikan tersangka. Saat ini, rumah dan tempat kerja tersangka dan satu orang lainnya telah digeledah.

“Tersangka menyampaikan informasi rahasia yang dikumpulkan saat bekerja kepada dinas intelijen Rusia," kata otoritas tersebut.

Pria itu ditangkap pada hari Rabu dan dilimpahkan kepada hakim investigasi pada hari Kamis. Tersangka kemudian ditahan sebelum menjalani persidangan.

Kepala Badan intelijen Jerman BND Bruno Kshl mengatakan lembaganya segera memulai penyelidikan internal yang ekstensif setelah mengetahui kemungkinan adanya pengkhianat di dalam jajarannya.

“Rusia tidak bermoral dan bersedia menggunakan kekerasan," katanya, seraya menambahkan bahwa badan tersebut tidak akan berkomentar lebih lanjut tentang kasus ini untuk saat ini.

Hubungan politik antara kedua negara telah memburuk sejak Rusia menyerang Ukraina pada bulan Februari. Jerman telah berulang kali mengutuk agresi Rusia dan mengirimkan peralatan pertahanan ke Kyiv.

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock sebelumnya berbicara menentang setiap langkah menuju kesepakatan gencatan senjata dengan persyaratan yang ditetapkan oleh Rusia untuk mengakhiri perang di Ukraina.

"Tidak ada seorang pun kecuali Putin yang memulai perang ini, dan jika Putin menginginkannya, maka perang akan berakhir besok," kata Baerbock kepada surat kabar Bild am Sonntag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper