Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah! Prabowo Jadi Pejabat Terpopuler Versi Survei Voxpol

Prabowo Subianto menjadi tokoh pejabat yang memiliki tingkat popularitas tertinggi berdasarkan hasil survei Voxpol.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto./Instagram
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Prabowo Subianto menjadi tokoh pejabat yang memiliki tingkat popularitas tertinggi jika dibandingkan sosok pejabat lainnya berdasarkan hasil survei Peta Elektoral Dan Simulasi Kandidat Capres–Cawapres Pilpres 2024 yang dilakukan Voxpol Center Research and Consulting.

“Prabowo Subianto meraih angka 93 persen, sedangkan Anies Rasyid Baswedan 80,7 persen dan Sandiaga Salahuddin Uno 77,4 persen,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago di Cikini, Jakarta Pusat (18/11/2022).

Lebih lanjut, Pangi memerinci dalam simulasi pertanyaan terbuka, simulasi 16 nama dan simulasi 10 nama, Anies Rasyid Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto konsisten menempati posisi tiga besar elektabilitas tertinggi.

Pemilih Anies Baswedan mayoritas diraih dari wilayah Sumatra, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, Papua.

Selanjutnya, pemilih Ganjar Pranowo mayoritas berada di wilayah Jawa Tengah & DIY, Jawa Timur dan Bali-NTT-NTB. Sementara itu, pemilih Prabowo mayoritas ada di wilayah Sumatra, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali-NTB-NTT, Sulawesi dan Maluku-Papua.

Dia melanjutkan bahwa Anies Baswedan memperoleh 23,6 persen ketika melayangkan pertanyaan siapa presiden yang akan dipilih pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Pak Anies meraih 23,6 persen, Ganjar 22 persen, poin ini didapat dari orang yang jawab secara langsung yang terekam dengan pertanyaan di benak publik ketika kita tawarkan siapa presiden, mereka jawab secara refleks," katanya di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa posisi kedua top of mind masyarakat terkait capres diduduki oleh Ganjar Pranowo dengan 22 persen elektabilitas dan posisi ketiga ada Prabowo Subianto dengan 18,6 persen elektabilitas. Kemudian, posisi empat ada Ridwan Kamil dengan 4,6 persen.

Pangi melanjutkan, bahwa ada hal menarik di posisi lima, sebab Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih masuk dalam top of mind publik untuk sosok capres dengan 2,1 persen.

Selanjutnya, posisi enam ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 2 persen. Posisi tujuh ada Andika Perkasa 1,8 persen. Kemudian, posisi delapan ada Khofifah Indar Parawansa 1,6 persen.

Berlanjut ke posisi sembilan dan sepuluh, Pangi mengatakan bahwa posisi ini diisi oleh Puan Maharani 1,4 persen dan Sandiaga Uno 1,3 persen.

"Namun, yang [menjawab] tidak tahu dan memilih untuk tidak menjawab hasilnya cukup besar, bahkan masih menyembunyikan pilihan di 17,2 persen," pungkas Pangi.

Dia mengatakan, survei juga menemukan bahwa Anies Baswedan menjadi calon presiden paling layak menurut publik untuk memimpin Indonesia 2024 mendatang.

Penyebabnya, ada perbedaan mencolok karakter pemilih dari tiga nama ini, pemilih Anies cenderung pemilih yang rasional melihat pemimpin berdasarkan prestasi.

Adapun, pemilih Ganjar cenderung pemilih yang sosiologis melihat pemimpin dari kedekatan dengan rakyat, sedangkan pemilih Prabowo cenderung pemilih yang psikologis melihat dari sisi ketegasan pemimpin.

Untuk diketahui, dalam upaya menjaga kualitas data yang dihimpun, Voxpol Center Research & Consulting melakukan lima tahap Quality Control, yakni Double Validasi Kuesioner, Konfirmasi Rekaman Audio, Verifikasi Foto, Spotcheck, dan Input Data.

Setelah proses validasi kusioner dari surveyor dilakukan, sebanyak 20 persen diverifikasi secara acak kembali untuk disesuaikan dengan dokumen hasil wawancara.

Survei ini dilaksanakan pada 22 Oktober-7 November 2022 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error sekitar 2,81 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper