Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Leaders' Declaration: Negara G20 Kutuk Serangan Rusia ke Ukraina!

Poin ketiga Leaders' Declaration memaparkan sikap negara G20 dan peserta KTT G20 Bali terkait serangan Rusia ke Ukraina.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 16 November 2022  |  13:41 WIB
Leaders' Declaration: Negara G20 Kutuk Serangan Rusia ke Ukraina!
Presiden RI Joko Widodo duduk di sebelah PM India Narendra Modi saat membuka KTT G20 Bali di The Apurva Kempinski, Bali pada Selasa (15/11 - 2022). Dok. Biro Setpres RI
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG - Para pemimpin negara G20 telah mengesahkan deklarasi pemimpin atau Leaders' Declaration dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali. Salah satu poin yang ditekankan terkait serangan Rusia vs Ukraina.

"[Leaders' Declaration KTT G20 Bali] sudah diadopsi. Saya juga baru menerima info itu, sebatas itu saja. Sudah diumumkan oleh bapak Presiden [Jokowi], sudah diadopsi deklarasi tersebut," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah di kompleks BICC, Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11/2022).

Berdasarkan dokumen Leaders' Declaration yang diterima Bisnis, ada 52 poin yang dipaparkan dalam hasil akhir KTT G20 Bali yang berlangsung 15-16 November 2022.

Poin ketiga Leaders' Declaration Adopted memaparkan sikap negara G20 dan peserta KTT G20 Bali terkait perang Rusia vs Ukraina.

"Tahun ini, kita juga menyaksikan perang di Ukraina berdampak lebih buruk terhadap ekonomi global. Ada diskusi tentang masalah ini. Kami menegaskan kembali posisi nasional kami sebagaimana dinyatakan dalam forum lain, termasuk Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB," tulis Leaders' Declaration 2022 yang diterima Bisnis, Rabu (16/11/2022).

Hasil Resolusi Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB No. ES-11/1 tanggal 2 Maret 2022, mencatat 141 suara setuju, 5 tidak setuju, 35 abstain, 12 tidak hadir.

Suara terbanyak menyesalkan dengan sedalam-dalamnya agresi atau serangan oleh Rusia terhadap Ukraina dan menuntut penarikan penuh dan tanpa syarat dari wilayah Ukraina.

Kebanyakan anggota G20 mengutuk keras perang di Ukraina dan menekankan hal itu menyebabkan penderitaan manusia yang luar biasa dan memperburuk kerapuhan yang ada dalam ekonomi global, menghambat pertumbuhan, meningkatkan inflasi,
mengganggu rantai pasokan, meningkatkan kerawanan energi dan pangan, dan meningkatkan risiko stabilitas keuangan.

Namun, ada pandangan lain dan penilaian berbeda tentang situasi dan sanksi.

"Menyadari bahwa G20 bukanlah forum untuk menyelesaikan masalah keamanan, kami mengakui bahwa masalah keamanan dapat terjadi konsekuensi yang signifikan bagi ekonomi global," tulis Leaders' Declaration 2022 yang diterima Bisnis, Rabu (16/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 KTT G20 komunike Perang Rusia Ukraina
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top