Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tegas! PPP Sebut KIB Tak Akan Usung Capres dari Luar Parpol

Amir Uskara mengungkapkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak akan mengusung calon presiden (capres) dari luar partai politik.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 21 Oktober 2022  |  00:11 WIB
Tegas! PPP Sebut KIB Tak Akan Usung Capres dari Luar Parpol
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kanan) menandatangani nota kesepahaman dibentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada acara silaturahmi di Plataran Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Amir Uskara mengungkapkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak akan mengusung calon presiden (capres) dari luar partai politik (parpol).

Sebagai informasi, KIB merupakan koalisi yang terdiri dari PPP, Partai Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). KIB sudah dideklarasikan pada medio Mei lalu.

"Di internal parpol sendiri kan banyak yang punya kapasitas, berkompetensi untuk membangun bangsa ini. Makanya itu ngapain harus nyari ke luar. Orang parpol ini banyak lho," ujar Amir kepada awak media di JIEXPO Kemayoran, Kamis (20/10/2022).

Dia menjelaskan, UUD mengatur bahwa yang berhak mengusung presiden merupakan parpol. Oleh sebab itu, Amir berpendapat semestinya capres juga harus berasal dari parpol.

Meski begitu, dia menekankan bahwa capres usungan KIB tak mesti dari kader parpol internal KIB. Amir mengungkapkan, KIB tak menutup kemungkinan mengusung kader parpol lain.

"Tidak juga harus orang internal KIB misalnya, tapi kita ingin orang partai," ucapnya.

Menurutnya, alasan KIB hanya akan mengusung capres yang berasal dari parpol karena sudah lebih teruji terkait pembinaan politik.

"Kita ingin orang parpol yang kita usung karena orang parpol sudah paham lah, sudah dibina dari bawah," jelas Amir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

capres ppp Pilpres 2024
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top