Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rusia Pastikan Hadir di KTT G20 Bali, Ini Pesan Jokowi untuk Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin memastikan negaranya akan ikut dalam KTT G20 di Pulau Bali pada November mendatang.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 17 September 2022  |  10:23 WIB
Rusia Pastikan Hadir di KTT G20 Bali, Ini Pesan Jokowi untuk Putin
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. ANTARA FOTO - BPMI/Laily Rachev
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin memastikan negaranya akan ikut dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Pulau Bali pada November mendatang.

Putin bahkan mengungkap, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai tuan rumah telah mengontaknya secara pribadi agar ikut serta dalam KTT G20. Menurutnya, Jokowi sempat mendapat tekanan karena mengundang Rusia ke konferensi tersebut.

"Saya mendapat undangan untuk menghadiri KTT G20. Presiden negara tuan rumah memberi tahu saya tentang itu selama kunjungan ke Moskow. Dia kemudian menelepon, mengatakan, ‘Perlu diingat bahwa ada tekanan tertentu, tetapi posisi saya tegas, kami ingin melihat Anda di konferensi'," ungkap Putin seperti laporan tass.com pada Jumat (16/9/2022).

Meski sudah memastikan negaranya akan ikut, Putin belum bisa mengonfirmasi kehadiran dirinya di KTT G20. Dia mengatakan masih akan memastikan hal tersebut.

“Saya akan mengeceknya terlebih dahulu dan kemudian kami akan membuat keputusan. Rusia akan berpartisipasi,” ujarnya.

Putin mengatakan dirinya sudah pernah ke Bali. Dia mengingat Pulau Dewata sebagai tempat yang indah. Di sisi lain, pemimpin Rusia tersebut mengingatkan situasi global sekarang sedang tak pasti.

Menurutnya, dia akan memantau situasi terlebih dahulu sebelum menentukan apakah akan hadir dalam KTT G20 atau tidak. Seperti diketahu, saat ini hubungan antara Rusia dan negara-negara Barat sedang tak baik setelah Negeri Beruang Merah tersebut menyerang Ukraina.

"Sebenarnya saya sudah pernah ke Bali. Itu tempat yang indah, tapi bukan pemandangan yang penting dalam konteks ini. Kami akan lihat bagaimana situasi akan berkembang seperti apa, di bidang ekonomi dan bidang lainnya," ujar Putin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi vladimir putin KTT G20 Rusia
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top