Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta-fakta Ratu Elizabeth yang Meninggal Dunia di Usia ke 96 Tahun

Fakta-fakta ratu Elizabeth yang baru saja meninggal dunia di usianya yang menginjak 96 tahun
Ratu Elizabeth berusia 94 tahun memimpin Kerajaan Inggris. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @theroyalfamily
Ratu Elizabeth berusia 94 tahun memimpin Kerajaan Inggris. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @theroyalfamily

Bisnis.com, JAKARTA - Ratu Elizabeth dikabarkan telah meninggal dunia, hari ini 8 September 2022 waktu Inggris.

Sebelumnya, Buckingham mengatakan kondisi kesehatan Ratu Elizabeth drop dan keluarga berkumpul tak lama kabar itu muncul.

Berikut beberapa fakta tentang Ratu Elizabeth yang menarik disimak

- Elizabeth lahir di 17 Bruton St, London, pada 21 April 1926, dan dibaptis pada 29 Mei tahun itu di kapel pribadi di Istana Buckingham.

- Dia menjadi pewaris ketika pamannya, Edward VIII, turun tahta pada 11 Desember 1936, dan ayahnya menjadi Raja George VI. Dia berumur 10 tahun.

- Dia menikah dengan letnan angkatan laut Philip Mountbatten, seorang pangeran Yunani, di Westminster Abbey London pada 20 November 1947. Mereka memiliki empat anak: Pangeran Charles (lahir tahun 1948), Putri Anne (1950), Pangeran Andrew (1960) dan Pangeran Edward (1964). Philip meninggal pada April 2021, dalam usia 99 tahun

- Dia naik takhta setelah kematian ayahnya pada 6 Februari 1952, saat dia berada di Kenya untuk tur kerajaan. Dia dimahkotai pada 2 Juni 1953 di Westminster Abbey, penobatan pertama yang disiarkan di televisi.

- Ketika dia naik takhta, Josef Stalin, Mao Zedong dan Harry Truman memimpin Uni Soviet, Cina dan Amerika Serikat, sementara Winston Churchill adalah perdana menteri Inggris.

- Dia telah dilayani oleh 15 perdana menteri. Selama masa pemerintahannya, ada 14 presiden AS, yang semuanya dia temui kecuali Lyndon Johnson.

- Pada 9 September 2015, ia melampaui 63 tahun, 7 bulan, 2 hari, 16 jam dan 23 menit yang dihabiskan nenek buyutnya Ratu Victoria di atas takhta untuk menjadi raja yang paling lama memerintah di negara itu dalam garis kencan kembali ke Raja Norman William Sang Penakluk pada tahun 1066.

- Elizabeth tetap menjadi ratu dari 15 kerajaan termasuk Inggris Raya, Australia, Kanada, Selandia Baru, Jamaika, Antigua dan Barbuda, Bahama, Belize, Grenada, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, St Kitts dan Nevis, St Lucia, St Vincent dan Grenadines, dan Tuvalu.

- Dia merayakan Platinum Jubilee - peringatan 70 tahun aksesinya - pada 6 Februari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper