Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sekjen PBB Minta Kawasan PLTN Zaporozhye Ukraina Bebas dari Militer

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta pihak Rusia melakukan demiliterisasi di wilayah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporozhye, Ukraina.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 20 Agustus 2022  |  14:10 WIB
Sekjen PBB Minta Kawasan PLTN Zaporozhye Ukraina Bebas dari Militer
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kanan) dan Sekjen PBB Anotnio Guterres melakukan pertemuan di Ukraina, Rabu (17/8/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta pihak Rusia melakukan demiliterisasi di wilayah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporozhye, Ukraina untuk menjamin kesediaan listrik selama musim dingin.

"Jelas, listrik dari [PLTN] Zaporozhye merupakan milik Ukraina, dan itu diperlukan, terutama selama musim dingin bagi rakyat Ukraina, dan prinsip ini harus dihormati sepenuhnya," ujar Gutteres diikutip dari Kantor Berita Rusia TASS, Sabtu (20/8/2022).

Sebelumnya, pada Kamis (18/8/2022), Guterres telah tiba di Kota Odessa, Ukraina untuk mengadakan pembicaraan ekspor gandum dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan pemimpin Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sebagai informasi, menurut laporan TASS, PLTN Zaporozhye saat ini masih di bawah kendali tentara Rusia.

Selama beberapa hari terakhir, pemerintah Ukraina telah melakukan banyak serangan di wilayah PLTN, menggunakan drone, artileri, dan beberapa sistem peluncur roket.

Seringkali, serangan tentara Ukraina ditangkal sistem pertahanan udara Rusia. Meski begitu, beberapa roket menghantam fasilitas infrastruktur PLTN, termasuk tempat penyimpanan limbah nuklir.

PLTN Zaporozhye merupakan PLTN terbesar di Eropa. PLTN tersebut terdiri dari enam unit daya dan memiliki kapasitas sekitar 6.000 MW. Dengan kapastias tersebut, PLTN Zaporozhye dapat memfasilitasi seperempat kebutuhan listrik di Ukraina.

Masih dari laporan TASS, saat ini PLTN hanya beroperasi pada kapasitas 70 persen karena wilayah Zaporozhye yang dikuasi Rusia memiliki surplus daya listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Rusia Ukraina sekjen pbb pltn
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top