Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Sesudah Belajar dan Artinya yang Perlu dipahami

Doa sesudah belajar bertujuan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dan diridhoi.
Ilustrasi Doa sesudah belajar
Ilustrasi Doa sesudah belajar

Bisnis.com, JAKARTA - Bacaan doa sesudah belajar sudah sewajarnya diketahui oleh umat Islam. Tidak hanya doa setelah belajar saja, doa sebelum menuntut ilmu juga harus dimengerti. Belajar merupakan salah satu di antara kewajiban bagi setiap muslim. Dengan belajar atau menuntut ilmu, seseorang akan mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak dipahami. 

Belajar merupakan proses yang dikerjakan oleh setiap orang untuk memperoleh perubahan yang baik. Mulai dari perubahan pengetahuan, perilaku, keterampilan hingga nilai positif lainnya di berbagai aspek kehidupan. Menuntut ilmu juga menjadi hal wajib yang dikerjakan. Baik itu anak-anak, remaja hingga orang tua sekali pun. 

Salah satunya adalah doa sesudah belajar. Memulai dan menyudahi belajar dengan doa sangat dianjurkan, agar diberi kemudahan dalam menyerap ilmu dan agar ilmu tersebut senantiasa memberikan berkah. Sebelum berdoa tentunya kamu perlu memahami adab berdoa, agar apa yang diniatkan semakin sempurna amalannya. 

Berikut doa setelah belajar yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Bacaan doa setelah belajar:

Masih banyak muslim dan Muslimah yang lupa membaca doa setelah belajar. Tidak sedikit juga yang hanya mengucapkan “Alhamdulillahirobbilalamin” sebagai doa sesudah belajar. Namun, terdapat bacaan doa tersendiri usai seseorang menuntut ilmu. Seperti sebelumnya, doa sesudah belajar juga ada tiga macam. Umat Islam bisa memilih salah satu dan menerapkan setiap selesai belajar. 

a. Doa sesudah belajar pertama

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

(Ya Allah, tunjukanlah terhadap kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya serta tunjukkanlah terhadap kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya). 

b. Doa sesudah belajar kedua

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa ‘una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal 

(Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kamu mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkanlah ilmu terhadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi)

c. Doa sesudah belajar ketiga

Allahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi ya robbal ‘alamiin. 

(Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang sudah engkau ajarkan terhadapku maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya Wahai Tuhan pemelihara alam). 

Itulah bacaan doa sesudah belajar yang dapat kamu lantunkan. Jangan lupa dibagikan ke teman-teman dan keluargamu ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper