Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma’ruf Amin Dorong Kemandirian Energi Indonesia Segera Terwujud

Wapres RI Ma’ruf Amim mendorong peningkatan industri hulu minyak dan gas (migas) dapat terealiasi dengan baik.
Platform migas lepas pantai. Istimewa/SKK Migas
Platform migas lepas pantai. Istimewa/SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mendorong kemandirian energi Indonesia segera terwujud dengan peningkatan industri hulu minyak dan gas (migas).

“Kami harapkan bahwa eksplorasi migas ini supaya terus ditingkatkan karena multiplier effectnya besar sekali terhadap hal yang lain. Selain juga menjadi sebagai memberikan pendapatan negara,” katanya saat ditemui di Forum Kapasitas Nasional II 2022, Rabu (27/7/2022).

Ma’ruf melanjutkan, untuk mendorong peningkatan investasi hulu migas, dirinya meminta agar Menteri ESDM dan juga Menteri Investasi merumuskan langkah-langkah yang dapat memberikan daya tarik fiskal bagi investor.

Penyebabnya, harga minyak dunia sudah menyentuh US$117 per barel dan harga gas US$90 per MMBTU, sehingga saat ini merupakan momentum terbaik untuk menarik investasi asing di hulu migas.

“Termasuk juga penggunaan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri), potensi hulu migas Indonesia besar sekali. Sekarang yang diperlukan adalah menumbuhkan banyak pengusaha, pelaku usaha yang bisa terus mendorong industri,” ujarnya.

Ma’ruf menjelaskan bahwa Indonesia masih memiliki 70 titik hulu yang masih dapat dieksplorasi untuk kebutuhan industri migas di Indonesia dalam menacapai kemandirian energi.

“Saya mendapatkan laporan tadi, itu sebenarnya kita punya beberapa titik yang bisa diekplorasi tinggal hanya menunggu waktu supaya kita mampu memperkuat atau membangun kemandirian energi, apalagi bahwa diperkirakan sangat kuat akan terjadi krisis energi terutama menghadapi 2023 baik akibat geopolitik perang Rusia Ukraina maupun juga dari perubahan iklim,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Ma’ruf melanjutkan ke depan agar seluruh pihak sudah harus lebih mengantisipasi langkah-langkah kemandirian energi.

“Dan tepat sekali sekarang dari pihak ESDM SKK Migas sudah membuat persiapan untuk menghadapi baik dalam arti krisis yang akan datang atau pun juga dalam rangka pembangunan berkelanjutan dalam rangka kemandiran energi,” kata Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper