Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Garasi Zulkifli Hasan yang Baru Dilantik Jadi Mendag

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas sebagai Menteri Perdagangan.
Zulkifli Hasan/ANTARA-Hafidz Mubarak A
Zulkifli Hasan/ANTARA-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas sebagai Menteri Perdagangan pada Rabu (15/6/2022) di Istana Negara, Jakarta. Dia menggantikan posisi Menteri Perdagangan yang sebelumnya diemban Muhammad Lutfi.

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Zulkifli Hasan tercatat memiliki total kekayaan Rp32,8 miliar.

Dari data LHKPN Zulhas tahun 2022, dia tercatat hanya memiliki dua buah mobil. Keduanya adalah Toyota Alphard dengan tahun yang berbeda.

Pertama, Toyota Alphard Minibus Tahun 2009, senilai Rp200.000.000. Kedua, Toyota Alpard Tahun 2019, senilai Rp900.000.000. Nilai total tunggangan Zulhas tersebut mencapai Rp1,1 miliar.

Selain itu, Zulhas tercatat memiliki sembilan bidang tanah dan bangunan dengan total nilai Rp12.985.500.000 yang tersebar di Jakarta Timur dan Bogor.

Dia juga melaporkan harta bergerak lainnya yang senilai Rp 1,5 miliar. Selain itu, tercatat total nilai surat berharga yang dimiliki Zulhas sebesar Rp4.990.000.000.

Zulhas juga memiliki kas atau setara kas sejumlah Rp12.235.382.791. Zulhas tak tercatat memiliki utang.

Selain Zulkifli Hasan yang dilantik sebagai Mendag, pada hari ini Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

Selain itu, Jokowi melantik John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/Wakil Kepala BPN.

Acara pelantikan dihadiri para ketua umum partai politik (parpol) pengusung Jokowi - Ma’ruf Amin, seperti Ketum NasDem Surya Paloh, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum PKB Muhaimi Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PPP Suharso Momoarfa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper