Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Yellow Notice? Terkait Pencarian Anak Ridwan Kamil Eril Khan

Berikut penjelasan tentang Yellow Notice. Dokumen yang diterbitkan terkait pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril di Swiss.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 29 Mei 2022  |  14:43 WIB
Apa Itu Yellow Notice? Terkait Pencarian Anak Ridwan Kamil Eril Khan
Putra Gubernru Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz. - Instagram @emmerilkahn

Bisnis.com, JAKARTA - Pihak kepolisian Swiss saat ini masih melakukan pencarian atas hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Aere, Bern, Swiss sejak Kamis (26/5/22).

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengirimkan dokumen Yellow Notice kepada Interpol atas hilangnya Eril, sapaan akrab Emmeril Khan.

Pengiriman Yellow Notice ini dilakukan sebagai permohonan mencari hilangnya anak Ridwan Kamil yang dapat dilakukan oleh kepolisian seluruh dunia.

Lantas, apa sebenarnya Yellow Notice?

Melansir dari laman Interpol pada Minggu (29/5/22), Yellow Notice merupakan sebuah peringatan polisi global untuk orang hilang.
Peringatan ini diterbitkan untuk korban penculikan orang tua, penculikan kriminal (penculikan), atau penghilangan yang tidak dapat dijelaskan.

Selain itu, Yellow Notice juga dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi seseorang yang tidak dapat mengidentifikasi dirinya sendiri.

Yellow Notice juga dapat digunakan sebagai alat penegakan hukum yang berharga dan dapat meningkatkan kemungkinan orang hilang ditemukan, terutama jika ada kemungkinan orang tersebut bepergian, atau dibawa, ke luar negeri.

Bagaimana cara menerbitkan Yellow Notice?

Penerbitan Yellow Notice tak bisa dilakukan secara sembarangan. Polisi di salah satu negara anggota Interpol meminta Yellow Notice melalui Biro Pusat Nasional mereka dan memberikan informasi tentang kasus tersebut.

Pemberitahuan tersebut kemudian diterbitkan oleh Sekretariat Jenderal di database Interpol, yang memperingatkan polisi di semua negara anggota Interpol untuk terkait Yellow Notice.

Seperti diketahui, putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz (Eril) hilang terbawa arus saat sedang berenang di Sungai Aaree, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022). 

Saat kejadian, Eril memang tengah berada di Swiss bersama keluarga Ridwan Kamil lainnya lantaran sedang mencari tempat melanjutkan sekolah S-2.

Ridwan Kamil yang sedang tugas dinas di Inggris langsung menyusul ke Swiss untuk memantau langsung pencarian putra sulungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri ridwan kamil interpol Emmeril Khan Mumtaz
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top