Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RSCM Masih Kumpulkan Temuan Terkait Penyebab Hepatitis Akut Misterius

Dokter di RSCM masih mengumpulkan bukti dan temuan terkait penyakit hepatitis akut misterius
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  16:40 WIB
RSCM Masih Kumpulkan Temuan Terkait Penyebab Hepatitis Akut Misterius
Ilustrasi seorang anak dirawat di rumah sakit akibat hepatitis akut misterius - Hudson Valley Post

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Hanifah Oswari menyampaikan bahwa pihaknya masih mengumpulkan dan menganalisa bukti atau temuan terkait penyakit hepatitis akut misterius yang belakangan merebak di dunia, termasuk Indonesia.

“Untuk kasus yang pending, masih perlu melengkapi pemeriksaan untuk menentukan ini hepatitis atau bukan, serta mengumpulkan bukti bukti bahwa ini bukan penyakit yang kita ketahui sebabnya,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Hingga saat ini, kata Hanifah, penyebab pasti hepatitis akut masih belum diketahui, sehingga hasil sampel dari 12 kasus yang masih dalam tahap penelitian akan menjadi sumber untuk menguak misteri dari penyakit ini.

Semenatara itu, Direktur Utama RSCM, dr. Lieas Dina Liastuti menyampaikan, terdapat pasien bergejala kuning datang ke RSCM, tetapi ternyata tidak terpapar penyakit ini. Di sisi lain, ada pasien dengan gejala mual dan muntah dan setelah diperiksa ternyata sudah mengalami kerusakan hati yang parah.

Adapun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan total 18 kasus yang diduga hepatitis akut misterius di Indonesia per 11 Mei 2022. Kasus tersebut tersebar di beberapa daerah, yaitu Jakarta sebanyak 12 kasus, Bangka Belitung 1 kasus, Kalimantan Timur 1 kasus, Jawa Barat 1 kasus, Sumatra Utara 1 kasus, Sumatra Barat 1 kasus, dan Jawa Timur 1 kasus. Namun dari 18 kasus ini, tujuh kasus sudah selesai dan dinyatakan tidak terpapar penyakit hepatitis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan kemenkes rscm hepatitis misterius
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top