Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kronologi Temuan Kasus Hepatitis Akut Misterius, dari Mana Asalnya?

Temuan kasus Hepatitis Akut di Indonesia bermula dari adanya tiga pasien anak yang meninggal dunia karena dugaan hepatitis akut.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  19:07 WIB
Kronologi Temuan Kasus Hepatitis Akut Misterius, dari Mana Asalnya?
Virus hepatitis A - webmd

Bisnis.com, JAKARTA - Belum selesai dengan pandemi Covid-19, dunia kembali dibuat khawatir dengan hadirnya hepatitis akut yang menyerang anak-anak di wilayah Eropa, Asia dan Amerika. Belum diketahui penyebab dari Hepatitis akut tersebut.

Temuan kasus hepatitis akut di Indonesia bermula dari adanya tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia.

Ketiga pasien tersebut diketahui meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda, dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Lantas, bagaimana kronologi temuan kasus Hepatitis Akut tersebut? Negara mana yang pertama kali melaporkan kasus tersebut? 

Berikut kronologinya kasus hepatitis akus misterius di sejumlah negara:

1. Muncul di Inggris

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, Selasa (3/5), Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menerima laporan pada 5 April 2022 dari Inggris mengenai 10 kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya pada anak-anak.

Seluruh kasus di rawat di rumah sakit. Pemeriksaan laboratorium telah dilakukan, tapi virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut. 

Penyelidikan lebih lanjut dilakukan pada 8 April 2022. Pada penyelidikan tersebut, ditemukan 74 kasus di Inggris dimana 6 anak diantaranya telah menjalani transplantasi hati.

Hingga 11 April 2022, belum ada laporan kematian akibat kasus Hepatitis Akut.

2. Ditemukan di Sejumlah Negara Eropa

WHO melaporkan kasus terbaru per 21 April 2022 di beberapa negara. Negara-negara tersebut antara lain Inggris 114 kasus, Spanyol 13 kasus, Israel 12 kasus, AS 9 kasus, Denmark 6 kasus, Irlandia dibawah 5 kasus, Belanda 4 kasus dan Italia 4 kasus.

Selain itu, kasus ditemukan pula di Norwegia sebanyak 2 kasus, Perancis 2 kasus, Romania 1 kasus dan Belgia 1 kasus.

3. Masuk ke Indonesia

Masih di bulan April, kasus yang sama juga muncul di Jepang dan Kanada. Namun, tidak disebutkan berapa banyak kasus yang dilaporkan di kedua negara tersebut.

Kasus juga muncul di wilayah Asia Tenggara, seperti Singapura dan Indonesia dimana masing-masing sebanyak 2 dan 3 kasus Hepatitis Akut. 

PB IDI dan IDAI telah menghimbau tenaga kesehatan dan masyarakat. terutama orang tua dan anak untuk memperketat protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. 

4. Gejala Hepatitis Akut

Tak hanya itu, PB IDI dan IDAI juga meminta masyarakat agar meminum air bersih yang matang, makan makanan yang bersih dan matang, menggunakan alat makan sendiri, membuang tinja dan atau popok. sekali pakai pada tempatnya.

Selan itu, melakukan deteksi dini juga penting dilakukan, terutama jika menemukan anak-anak dengan gejala-gejala seperti kuning, mual/muntah, diare, nyeri perut, penurunan kesadaran/kejang, lesu, demam tinggi. Apabila menemukan anak atau anggota keluarga dengan gejala-gejala tersebut, segera kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes who hepatitis
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top