Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wahai Para Mudik, Presiden Jokowi Imbau Pulang Lebih Awal Agar Terhindar dari Kemacetan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang mudik untuk pulang lebih awal.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  08:46 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan silaturahmi dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istrinya, Wury Estu Handayani, secara virtual pada Senin (2/5/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita @jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan silaturahmi dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istrinya, Wury Estu Handayani, secara virtual pada Senin (2/5/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita @jokowi

Bisnis.com, JAKARTA- Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbau masyarakat yang mudik untuk pulang lebih awal. Terlebih menurutnya masih ada kendala beberapa kendala di lapangan saat arus mudik Lebaran 2022. 

"Syukur Alhamdulillah perayaan Idulfitri tahun ini berjalan dengan baik. Arus mudik juga lancar meski ada sedikit kendala di lapangan seperti antrean di Pelabuhan Merak dan Bakauheni," kata Jokowi di Instagram, Selasa (3/5/2022).

Jokowi menyebutkan penyebab antrean di Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah  volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga. Padahal, lanjut dia, sudah ditambah dari sekitar 30 menjadi 50 kapasitas. 

"Tetapi juga belum cukup, saya kira dermaganya masih harus ditambah," katanya.

Jokowi kemudian mengatakan mudik Lebaran tahun ini diikuti begitu banyak orang. Setidaknya 85,5 juta orang, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

"Banyak sekali, karena itulah saya mengimbau masyarakat yang mudik agar perjalanan kembali dari kampung halaman dilakukan lebih awal," imbuhnya. 

"Jangan bersamaan pada Sabtu atau Minggu untuk menghindari kemacetan di jalan tol, jalan nasional, maupun Pelabuhan di Merak - Bakauheni," pungkasnya.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo diketahui memilih lebaran di Yogyakarta. Mereka melaksanakan salat Idulfitri di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Senin, 2 Mei 2022, bertepatan dengan 1 Syawal 1443 Hijriah.

Dikutip dari keterangan resminya, salat Idulfitri tersebut diselenggarakan secara terbatas dan diikuti perangkat kepresidenan, Paspampres, dan keluarga pegawai Istana Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kemacetan Mudik Lebaran
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top