Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ganjar, Prabowo, Anies Mendominasi Survei, Siapa Bakal Mujur di 2024?

Anies, Prabowo dan Ganjar adalah tokoh dengan elektabilitas paling tinggi. Meski demikian, dukungan politik menjadi kunci di samping tingginya angka elektabilitas para tokoh tersebut.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 26 April 2022  |  15:19 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada Dies Natalis Ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS), Jumat (11/3/2022). - Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada Dies Natalis Ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS), Jumat (11/3/2022). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus bertengger di tiga besar elektabilitas calon presiden (Capres) dalam Pilpres 2024.  

Ketiga nama tersebut keluar pada hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga survei Charta Politika Indonesia pada April 2022. Survei tersebut dilakukan selama 7 hari, dimulai pada 10-17 April 2022.

Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia mengatakan, terdapat 1.200 responden di seluruh Indonesia yang diikutsertakan dalam kegiatan tersebut dengan margin of error sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Kita coba dengan simulasi banyak nama terlebih dahulu. Kita coba sertakan banyak nama disitu,” ujar Yunarto, dikutip Selasa (26/4/2022).

Berdasarkan hasil survei tersebut, Ganjar keluar sebagai tokoh yang paling dipercaya oleh responden dengan perolehan akhir sebesar 26,6 persen suara.

Urutan kedua ditempati oleh Prabowo dengan perolehan suara sebesar 22 persen dan Anies harus puas dengan pencapaiannya untuk dapat menempati urutan ketiga  elektabilitas tokoh dengan perolehan suara sebesar 19,7 persen.

Menurut Yunarto, ketiga nama tersebut dapat dikatakan memang agak sulit untuk dapat digeser oleh nama tokoh lainnya. Dia menambahkan bahwa dalam satu tahun terakhir, kecenderungan pemilihan nama tokoh bakal capres semakin mengerucut kepada tiga nama tersebut.

Sementara itu, 4 dari 5 nama tokoh yang menempati urutan teratas dalam survei tersebut bahkan merupakan non-elite partai, seperti Ganjar, Anies, Sandiaga, dan Ridwan Kamil.

Yunarto menambahkan bahwa hanya nama Prabowo yang memiliki variabel kekuatan yang besar untuk maju dalam pemilihan capres 2024. 

Di sisi lain, tokoh-tokoh yang dianggap memiliki kuasa lebih di partai asalnya, seperti Puan, Erick, dan Airlangga terlihat masih memiliki perolehan suara yang terbilang rendah.

Berikut 10 tokoh teratas elektabilitas capres, berdasarkan survei yang dilakukan Charta Politika Indonesia.

  1.      Ganjar Pranowo 29,2%
  2.      Prabowo Subianto 23%
  3.      Anies Baswedan 20,2%
  4.      Sandiaga Uno 4,9%
  5.      Ridwan Kamil 4,8%
  6.      Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,4%
  7.      Khofifah Indar Parawansa 3,3%
  8.      Puan Maharani 1,8%
  9.      Erick Thohir 1,0%
  10.  Airlangga Hartarto 1,0%
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan ganjar pranowo Pilpres 2024
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top