Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nelayan Sulit Dapat Sertifikat Tanah, Jokowi Telepon Menteri ATR

Jokowi mendengarkan keluhan para nelayan di Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo, Gresik, Jawa Timur. Mereka mengeluh sulit mendapatkan sertifikat tanah karena terkendala tanah oloran.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 20 April 2022  |  19:19 WIB
Nelayan Sulit Dapat Sertifikat Tanah, Jokowi Telepon Menteri ATR
Jokowi mendengarkan keluhan nelayan di Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo, Gresik (20/4/2022) - Laily Rachev / Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengarkan beberapa keluhan dari para nelayan di Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, pada Rabu, (20/4/2022). Salah satu keluhan yang disampaikan para nelayan adalah terkait sertifikat tanah.

Kepada Jokowi, para nelayan mengeluh kesulitan mendapatkan sertifikat tanah atas tanah yang telah mereka tempati bertahun-tahun karena tanah tersebut merupakan tanah oloran.

Tanah oloran adalah tanah yang muncul atau timbul di dekat pantai karena proses pengendapan lumpur atau sedimentasi yang dibawa oleh arus sungai.

Mendengar hal tersebut, Kepala Negara langsung menelepon Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

"Pak Menteri ini saya dengan nelayan-nelayan di Desa Lumpur, Kabupaten Gresik, ini banyak sekali tanah yang dimiliki nelayan tidak bisa disertifikatkan karena mereka memakai tanah oloran," ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (20/4/2022).

"Siap Bapak, tanah timbul barangkali ya?" jawab Menteri ATR di ujung telepon.

"Iya, betul kayak tanah timbul nggih. Dikirim tim Pak Menteri, nggih," kata Presiden.

Selesai menelepon Menteri ATR, Presiden Jokowi meyakinkan para nelayan bahwa tanah yang mereka miliki akan segera ditangani oleh tim dari Kementerian ATR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi nelayan sertifikat tanah Sofyan Djalil
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top