Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 7 Tips Melatih Anak Berpuasa di Bulan Ramadan

Memasuki bulan Ramadan, setiap orang tua harus memiliki trik untuk melatih anak berpuasa agar lebih menyenangkan.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 31 Maret 2022  |  18:36 WIB
Anak puasa - gulfnews.com
Anak puasa - gulfnews.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bulan Ramadan 1443 H sudah tinggal beberapa hari lagi, pada bulan Ramadan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa agar melatih dan menjaga keimanan kepada Allah SWT. Selain orang dewasa dianjurkan untuk anak-anak berpuasa juga pada bulan ini.

Tidak seperti orang dewasa atau remaja sudah diwajibkan berpuasa maka untuk anak-anak disunahkan untuk diajari berpuasa sejak dini, hal ini diharapkan menjadi pondasi awal untuk kebiasaannya berpuasa kelak menuju pendewasaan nanti. Ketua Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Parepare, Sulawesi Selatan, Maryam membagikan tips melatih anak berpuasa di situs nu.or.id.

Berikut tips melatih anak berpuasa:

1. Memberikan pemahaman berpuasa

Sebagai dasar awal ajarilah anak untuk memahami apa itu puasa, dimulai dari pemahaman bahwa puasa termasuk pada rukun Islam ke-4 dan dilanjutkan dengan bagaimana tata cara berpuasa yang paling dasar seperti menahan hawa nafsu dari haus dan lapas dari terbit Fajar hingga terbenamnya matahari.

2. Memberitahu keutamaan puasa

Memberi tahu keutamaan puasa merupakan tahap selanjutnya untuk melatih anak berpuasa, karena dengan memberitahu keutamaan puasa maka akan menjadi motivasi untuk anak agar berpuasa.

3. Mengajak anak berpuasa

Tentu saja dalam ajakan ini tidak bersifat memaksa, seperti melakukannya secara tersirat dengan cara mencontohkan anggota keluarga menjalani ibadah puasa kepada anak-anak.

4. Melatih berpuasa secara bertahap

Tidak seperti orang dewasa, menahan lapar pada saat puasa mungkin sudah menjadi kebiasaan, akan tetapi berbeda dengan anak-anak hal ini akan terasa sangat berat. Ajaklah anak-anak berpuasa sesuai kemampuannya secara bertahap, dari mulai dengan berbuka sampai dzuhur sampai terbiasa dan akhirnya anak-anak akan melakukan puasa hingga waktu magrib.

Dengan ajakan yang dilakukan bertahap tersebut ke depannya anak akan mampu menyesuaikan kesiapannya untuk berpuasa dengan penuh.

5. Berikan menu favorit saat berbuka

Dengan hal ini tentu saja anak akan semakin termotivasi untuk berpuasa karena tersedianya pilihan menu favorit miliknya.

6. Ciptakan suasana menyenangkan saat puasa

Suasana Ramadan tentu kental dengan kebersamaannya, seperti buka puasa dan sahur yang kental akan kekeluargaan. Lalu tak lupa juga kegiatan ngabuburit yang pastinya akan menyenangkan jika dilakukan bersama dan hal ini akan menciptakan suasana yang hangat bagi anak-anak.

7. Memberikan apresiasi puasa

Dengan apresiasi tentu saja akan membuat anak-anak sangat senang, setelah melakukan puasa selama bulan Ramadan berilah anak hadiah berupa apapun itu. Tak hanya barang, pujian juga sangat berarti untuk anak ketika sudah menjalankan ibadah puasa.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak Puasa Ramadan puasa ramadan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top