Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengumuman Hasil SNMPTN 2022: Hanya 20 Persen Calon Mahasiwa yang Lolos

LTMPT menyebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 2022 telah diikuti oleh 612.049 pendaftar.
Pendaftaran SNMPTN 2022 melalui situs ltmpt.ac.id
Pendaftaran SNMPTN 2022 melalui situs ltmpt.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA — Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 2022 telah diikuti oleh 612.049 pendaftar

Wakil Ketua II LTMPT Eduart Wolok mengatakan dari keseluruhan pendaftar sebanyak 120.643 orang telah diterima di 125 perguruan tinggi negeri (PTN) impiannya.

“Ini mengartikan ada 490.406 calon mahasiswa yang belum lulus atau diterima di SNMPTN, tetapi tidak perlu berkecil hati karena akan ada jalur penerimaan berikutnya yaitu UTBK SBMPTN,” katanya lewat konferensi pers di akun Instagram LTMPT Official, Selasa (29/3/2022).

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Jamal Wiwoho melanjutkan, pada 2022 hanya sekitar 20 persen dari pendaftar yang diterima di PTN impian mereka.

Kendati demikian, untuk masuk ke PTN calon mahasiswa dapat melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN dengan kuota penerimaan minimal 20 persen dari kuota keseluruhan.

Kedua, adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di mana kuota untuk perguruan tinggi Satker dan BLU minimal 40 persen dan Perguruan Tinggi Badan Hukum minimal 30 persen dari total keseluruhan peserta.

Adapun, jalur ketiga yaitu Seleksi Mandiri oleh masing-masing Perguruan Tinggi dengan kuota untuk PTN BH maksimal 50 persen dan PTN Satker dan BLU dengan maksimal 30 persen.

“Jalur SNMPTN pada undangan atau rapot di mana sekolah yang terakreditasi A itu bisa mengajukan 40 persen, B bisa mengajukan 25 persen, dan C bisa mengajukan 5 persen. Meski begitu, siswa unggulan tersebut belum tentu bisa diterima semua,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper