Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-24: Militer Rusia Terus Serang Mariupol dan Beberapa Daerah

Kondisi perang Rusia Ukraina terkini yakni pasukan Rusia merebut gedung pemerintah di bagian timur Mariupol dan Pabrik Metalurgi Azovstal.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 19 Maret 2022  |  15:50 WIB
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki hari ke-24 perang Rusia ke Ukraina, Pejabat Ukraina hari ini mengkonfirmasi bahwa mereka tidak dapat menghentikan pengepungan Mariupol dengan cara militer, dan juga mengklarifikasi situasi di sekitarnya.

Pasukan Rusia terus mencoba menerobos garis Ukraina di Donbas, tanpa hasil sejauh ini. Mariupol memang menjadi sasaran utama dari militer Rusia pada serangan di beberapa minggu kebelakang. Selain Kyiv, tentara Rusia sudah banyak berjaga di Mariupol.

Dilansir dari Militaryland, Sabtu (19/3/22) pasukan Rusia sudah memasuki beberapa wilayah dari Ukraina, berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Polandia

  • Daerah Kiev

Tentara Rusia tidak meluncurkan operasi ofensif di tepi barat Dnieper pada hari Jumat. Kelompok pengintai Ukraina dan pesawat tak berawak melihat tentara Rusia menggali parit di dekat Brovary, menandakan perubahan operasi di tepi barat Dnieper.

  • Daerah Zhytomyr

Tidak ada perubahan di lapangan, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Utara

  • Daerah Chernihiv

Blokade parsial Chernihiv berlanjut pada hari Jumat juga. Tidak ada pihak yang melakukan operasi ofensif.

  • Daerah Sumy

Pasukan Ukraina menyergap konvoi di Trostianets dan menghancurkan sejumlah peralatan Rusia.

Garis Depan Sloboda

  • Daerah Kharkiv

Pasukan Rusia melanjutkan operasi ofensif menuju Izium, tetapi tidak mencapai kemajuan yang signifikan. Mereka masih menguasai bagian utara kota, sedangkan Ukraina bagian selatan.

  • Daerah Luhansk

Pejabat Ukraina mengkonfirmasi bahwa pasukan Rusia memasuki pinggiran utara Rubizhne kemarin, tetapi gagal untuk maju ke daerah perkotaan di selatan. Pasukan Ukraina menangkis serangan Rusia di Kreminna dan Sievierodonetsk. Pertempuran Popasna berlanjut pada hari Jumat juga.

update perang rusia ukraina terkini

Garis Depan Pryazovia

  • Daerah Donetsk

Penasihat Kantor Kepresidenan Ukraina, O. Arestovych, mengklarifikasi situasi di sekitar Mariupol. Unit Ukraina terdekat ke Mariupol terletak di utara Volnovakha, sedangkan unit lainnya berjarak 100 km (sesuai dengan Velyka Novosilka), 120 km (sesuai dengan Huliaipole), dan 150 km (sesuai dengan Orechov) dari kota.

Pasukan Rusia berusaha maju menuju desa Taramchuk dekat Novotroitske, tetapi tidak berhasil. Di utara, pasukan Rusia berusaha menerobos garis pertahanan Ukraina menuju Avdiivka, Verkhnotoretske dan Krymske (dekat Horlivka).

  • Daerah Zaporizhzhia

Tidak ada perubahan di lapangan, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Selatan

  • Daerah Mykolaiv

Rudal jelajah Rusia menghantam barak Brigade Serangan Udara ke-79 di Mykolaiv. Serangan itu mengakibatkan sedikitnya 40 prajurit Ukraina tewas.

  • Daerah Kherson

Sebuah konvoi logistik Rusia disergap oleh unit Pertahanan Teritorial Ukraina lokal di Snihurivka. Pasukan Rusia terus memperkuat dan mendukung dorongan ke arah Kryvyi Rih, tetapi mereka tidak maju lebih jauh. 

Berdasarkan tindakan baru-baru ini oleh pasukan Rusia, kita dapat berasumsi bahwa mereka telah menyerah pada Mykolaiv untuk saat ini dan telah memutuskan untuk mendorong ke arah Kryvyi Rih sebagai gantinya.

Mariupol

Pasukan Rusia merebut sebuah gedung pemerintah di bagian timur Mariupol dan juga mengklaim mereka memasuki Pabrik Metalurgi Azovstal. Penasihat Kantor Kepresidenan Ukraina, O. Arestovych, mengatakan operasi militer untuk membebaskan Mariupol saat ini tidak mungkin dilakukan.

Semua upaya untuk memberikan dukungan udara dalam beberapa hari terakhir gagal, dan Ukraina tidak memiliki cara untuk mengatasi superioritas udara Rusia di daerah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Rusia Invasi Crimea Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top