Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG: Sejumlah Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini

BMKG memperkiarakan sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat pada hari ini, Minggu (13/3/2022).
Ilustrasi Data pengamatan cuaca yang dikeluarkan BMKG/HO-BMKG
Ilustrasi Data pengamatan cuaca yang dikeluarkan BMKG/HO-BMKG

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan wilayah di sejumlah besar provinsi di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai angin kencang dan kilat pada hari ini, Minggu (13/3/2022).

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs resmi, BMKG memprakirakan wilayah di sejumlah provinsi dapat mengalami hujan lebat antara lain Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"Daerah lain yang memiliki potensi hujan lebat yakni, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, serta Papua," tulis BMKG seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/3/2022). 

Sementara wilayah di Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, BMKG memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas lebih ringan. Khusus untuk daerah DKI Jakarta, hujan intensitas sedang berpotensi terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari. Untuk hujan ringan diprakirakan akan turun pada siang hari di Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

BMKG memperingatkan tiga provinsi masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir pada hari ini yaitu wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Sementara provinsi yang masuk di kategori waspada adalah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper