Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peluncuran Rudal Korut dan Kebakaran Hutan Jadi Isu Utama Pemilu Korea Selatan 2022

Korea Selatan sedang berjuang melawan kebakaran hutan yang terjadi di daerah pesisir timur Uljin.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 05 Maret 2022  |  18:11 WIB
Akademi Ilmu Pertahanan Nasional melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh di Korea Utara, seperti yang digambarkan dalam kombinasi foto tak bertanggal yang disediakan oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara pada Senin (13/9/2021). - Antara/Reuters
Akademi Ilmu Pertahanan Nasional melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh di Korea Utara, seperti yang digambarkan dalam kombinasi foto tak bertanggal yang disediakan oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara pada Senin (13/9/2021). - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Bencana alam dan peluncuran rudal terbaru Korea Utara mengaburkan pemilihan presiden Korea Selatan, dengan para kandidat bersaing yang ketat.

Korea Utara dan Korea Selatan membuktikan kemampuan mereka dalam menangani keadaan darurat hanya empat hari sebelum hari pemilihan.

Mengutip dari Bloomberg, Sabtu (5/3/2022), Korea Utara terus mengingatkan tetangganya akan ancaman keamanan yang terus-menerus dengan menembakkan rudal balistik yang dicurigai pada hari Sabtu.

Kandidat progresif Lee Jae-myung, telah berjanji untuk mencari pemulihan hubungan dengan Pyongyang, menanggapi dengan cepat dan mengutuk Pyongyang dalam sebuah posting dari media sosialnya, dengan mengatakan "tidak ada yang bisa dicapai" dengan membuat provokasi militer.

Kandidat konservatif utama, Yoon Suk-yeol, belum mengeluarkan komentar apa pun dalam beberapa jam pertama peluncuran. Uji coba roket dapat menambah seruannya untuk mengambil tindakan yang lebih keras terhadap Korea Utara untuk menghukumnya karena gemeretak pedangnya, setelah Presiden Moon Jae-in saat ini berusaha untuk menghangatkan hubungan antara tetangga.

Sementara itu, Korea Selatan sedang berjuang melawan kebakaran hutan yang terjadi di daerah pesisir timur Uljin, mengancam pembangkit listrik tenaga nuklir untuk sementara dan menyebabkan ribuan penduduk meninggalkan rumah mereka.

Hingga Jumat malam, sekitar 1.000 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kobaran api dan berusaha mencegahnya mencapai fasilitas gas alam cair di dekat kota Samcheok.

Yoon dengan cepat mengunjungi lokasi kebakaran dan bertemu para korban pada Jumat malam. Lee tiba beberapa jam kemudian dan berjanji untuk menawarkan dukungan substansial.

Pemungutan suara awal berlanjut untuk hari kedua di tengah rekor infeksi harian Covid-19. Pada pukul 11.00 Sabtu, (05/02/2022) lebih dari 23 persen pemilih telah memberikan suara mereka, yang 10 poin persentase lebih tinggi dari pada waktu yang sama dalam pemungutan suara awal untuk pemilihan presiden terakhir lima tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea Korea Utara korea selatan korsel
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top