Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengapa Jepang dan Australia Menyepakati Pakta Pertahanan Bersama?

Taiwan menjadi isu utama pembahasan ketika Amerika Serikat, Jepang dan Australia memperkuat hubungan mereka satu sama lain.
1

Apa Itu Kawasan Indo-Pasifik?

Bendera Jepang - Istimewa
Bendera Jepang - Istimewa
Bagikan

Definisi geografis yang tepat dari Indo-Pasifik bervariasi menurut negara dan administrasi. Akan tetapi, secara luas istilah itu merujuk pada daerah yang saling terhubung antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, yang disatukan oleh Selat Malaka di jantung Asia Tenggara.

Istilah ini menjadi terkenal dalam wacana geopolitik, karena AS dan China ingin memperluas pengaruh politik, militer, dan ekonomi mereka di seluruh wilayah yang lebih luas.

Pada sisi lain, AS dalam beberapa tahun terakhir mendapat dukungan dari sekutu terkemuka seperti Jepang, Australia, dan India.

Washington memiliki beberapa kesepakatan multilateral dengan negara lain, termasuk kemitraan keamanan trilateral dengan Inggris Raya dan Australia, serta Dialog Keamanan Segi Empat yang mencakup India.

“Kesepakatan itu mengirim pesan kuat ke Beijing bahwa AS, Inggris, Jepang serta kekuatan utama lainnya bekerja sama untuk melakukan sejumlah hal,” kata Davis.

Pertama, mereka menunjukkan komitmen sejumlah negara untuk membangun Indo-Pasifik yang stabil, bebas, dan terbuka. Kedua, mereka bertindak sebagai cara untuk menghalangi gerakan China di wilayah sengketa, termasuk Taiwan.

Selain itu, semua negara juga dapat menanggapi ancaman ketika ancaman itu muncul.

Sebagaimana diketahui, Taiwan menjadi isu utama pembahasan ketika Amerika Serikat, Jepang dan Australia memperkuat hubungan mereka satu sama lain, ujar Curtis Chin dari lembaga kajian Milken Institute.

“Jika China berbicara dengan bebas, jelas saya pikir mereka akan khawatir,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang australia
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top