Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengapa Jepang dan Australia Menyepakati Pakta Pertahanan Bersama?

Taiwan menjadi isu utama pembahasan ketika Amerika Serikat, Jepang dan Australia memperkuat hubungan mereka satu sama lain.
Bendera Jepang/Istimewa
Bendera Jepang/Istimewa

Apa Itu Kawasan Indo-Pasifik?

Definisi geografis yang tepat dari Indo-Pasifik bervariasi menurut negara dan administrasi. Akan tetapi, secara luas istilah itu merujuk pada daerah yang saling terhubung antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, yang disatukan oleh Selat Malaka di jantung Asia Tenggara.

Istilah ini menjadi terkenal dalam wacana geopolitik, karena AS dan China ingin memperluas pengaruh politik, militer, dan ekonomi mereka di seluruh wilayah yang lebih luas.

Pada sisi lain, AS dalam beberapa tahun terakhir mendapat dukungan dari sekutu terkemuka seperti Jepang, Australia, dan India.

Washington memiliki beberapa kesepakatan multilateral dengan negara lain, termasuk kemitraan keamanan trilateral dengan Inggris Raya dan Australia, serta Dialog Keamanan Segi Empat yang mencakup India.

“Kesepakatan itu mengirim pesan kuat ke Beijing bahwa AS, Inggris, Jepang serta kekuatan utama lainnya bekerja sama untuk melakukan sejumlah hal,” kata Davis.

Pertama, mereka menunjukkan komitmen sejumlah negara untuk membangun Indo-Pasifik yang stabil, bebas, dan terbuka. Kedua, mereka bertindak sebagai cara untuk menghalangi gerakan China di wilayah sengketa, termasuk Taiwan.

Selain itu, semua negara juga dapat menanggapi ancaman ketika ancaman itu muncul.

Sebagaimana diketahui, Taiwan menjadi isu utama pembahasan ketika Amerika Serikat, Jepang dan Australia memperkuat hubungan mereka satu sama lain, ujar Curtis Chin dari lembaga kajian Milken Institute.

“Jika China berbicara dengan bebas, jelas saya pikir mereka akan khawatir,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper