Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Ini 10 Universitas Terbaik Dunia Versi QS World University Rankings 2022

Posisi University of Oxford turun ke posisi kedua universitas terbaik di dunia dengan skor 99,5 poin.
Harvard University/istimewa
Harvard University/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Penyedia layanan, analitik, dan wawasan untuk sektor pendidikan tinggi global, QS Quacquarelli Symonds merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia berdasarkan penilaian QS World University Rankings 2022.

Dikutip melalui laman topuniversities, Massachusetts Institute of Technology (MIT) terpilih sebagai universitas terbaik di dunia berdasarkan penilaian QS World University Rankings 2022.

Skor yang diperoleh kampus yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat ini meraih nilai sempurna, yaitu 100 poin.

Sementara, posisi University of Oxford turun ke posisi kedua universitas terbaik di dunia. Skor yang dimiliki Universitas yang berlokasi di Kota Oxford, Inggris ini sebesar 99,5 poin.

Stanford University yang terletak di California, Sans Francisco berada di posisi ketiga dengan skor 98,7 poin. Setelahnya ada University of Cambridge Inggris dengan skor yang sama sebesar 98,7 poin.

Kemudian, Harvard University yang berlokasi di Cambridge, Amerika Serikat menempati posisi kelima dengan skor 98 poin.

Posisi keenam ditempati California Institute of Technology (Caltech) Amerika Serikat dengan skor 97,4 poin.

Selanjutnya, untuk posisi ketujuh ditempati oleh Imperial College London, Inggris dengan skor 97,3 poin.

Adapun, peringkat kedelapan diduduki oleh ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology, Switzerland dan diikuti oleh University College London (UCL), Inggris yang keduanya sama-sama memiliki skor 95,4 poin.

Terakhir, University of Chicago dari Amerika Serikat menempati posisi kesepuluh dengan total skor 94,5 poin.

QS World University Rankings merupakan sebuah jaringan karier dan pendidikan global yang terkoneksi dengan berbagai bidang, yaitu pendidikan tinggi, keahlian, dan industri.

Metodologi pemeringkatan yang digunakan adalah dengan melakukan penilaian setiap institusi berdasarkan enam indikator, yaitu kolaborasi riset dengan pihak internasional, reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio fakultas/mahasiswa, sitasi per fakultas, rasio fakultas internasional, dan rasio mahasiswa internasional.

“Kami menampilkan 1.300 universitas dari seluruh dunia, peringkat universitas tahun ini adalah yang terbesar. Setiap institusi telah dinilai menurut enam metrik utama,” tulis laporan tersebut, dikutip melalui topuniversities, Sabtu (1/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper