Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Sebut UMKM di Indonesia Bisa Tumbuh Besar, Asalkan...

Wapres RI Ma'ruf Amin menilai UMKM dapat tumbuh pesat di Indonesia, apabila turut mengadopsi riset dalam perjalanan bisnisnya.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  23:40 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021). - Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menilai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat tumbuh pesat di Indonesia, apabila turut mengadopsi riset dalam perjalanan bisnisnya.

“UMKM itu bisa menjadi besar asal dia betul-betul terus melakukan inovasi dan dengan tekun melakukan upaya-upaya, tidak hanya berorientasi pada pasar tapi juga pada riset,” kata Wapres dikutip melalui laman Wapres RI, Kamis (30/12/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa di negara-negara yang maju dengan kualitas produk yang diharapkan perusahaan, berbuah dari dilakukannya pengembangan produk yang tidak lepas dari riset.

Namun, dia melanjutkan, dalam perkembangannya saat ini masih terdapat tantangan yang dihadapi tidak hanya oleh perusahaan, tetapi juga pemerintah, yakni bahan baku produksi yang masih mengandalkan produk impor.

“Namun, ada yang saya sayangkan yaitu bahwa ternyata produk bahan bakunya, hulunya, ini masih impor. Oleh karena itu ini jadi tantangan pemerintah untuk bagaimana mendorong lahirnya industri hulu untuk kosmetik ini,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Ma’ruf berharap ke depan dapat didorong munculnya industri hulu dengan memanfaatkan bahan-bahan baku dari dalam negeri.

“Saya kira bahan-bahan bakunya banyak [di dalam negeri], tetapi bagaimana kita mendorong supaya industri hulunya itu bisa kita siapkan di sini, jadi ini tantangannya ke depan,” ujar Ma'ruf.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm wapres ma'ruf amin
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top