Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Danareksa Komitmen Ciptakan Kesetaraan Kerja bagi Disabilitas

PT Danareksa (Persero) yang baru saja merayakan hari ulang tahun ke-45 pada 28 Desember 2021 lalu menyatakan komitmennya untuk menciptakan kesetaraan kerja bagi disabilitas di sejumlah perusahaan BUMN yang tergabung dalam holding yang dipimpinnya.
Karyawan beraktivitas di kantor pusat PT Danareksa Investment Management (DIM), di Jakarta, Selasa (21/3)./JIBI-Endang Muchtar
Karyawan beraktivitas di kantor pusat PT Danareksa Investment Management (DIM), di Jakarta, Selasa (21/3)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Danareksa (Persero) yang baru saja merayakan hari ulang tahun ke-45 pada 28 Desember 2021 lalu menyatakan komitmennya untuk menciptakan kesetaraan kerja bagi disabilitas di sejumlah perusahaan BUMN yang tergabung dalam holding yang dipimpinnya.

Seperti diketahui bahwa Danareksa ditunjuk dan dipercaya untuk menjadi holding dari beberapa BUMN di bidang jasa keuangan, kawasan industri, sumber daya air, jasa konstruksi dan konsultasi konstruksi, manufaktur, media dan teknologi, serta transportasi dan logistik.

Direktur Utama PT Danareksa (Persero), Arisudono Soerono mengatakan bahwa pada usianya yang ke 45 ini, Danareksa diberi kepercayaan oleh para pemegang saham, Kementerian Keuangan, dan Kementerian BUMN untuk menjadi perusahaan induk guna membantu anggota holding dan anak perusahaan untuk mencapai potensi pertumbuhan yang dimiliki bersama.

“Sejalan dengan hal tersebut, maka komitmen kami untuk disabilitas dan perempuan kami harapkan tidak hanya terjadi di Danareksa, tetapi juga diharapkan untuk dijalankan bersama dan bersinergi dengan anggota Holding Danareksa lainnya,” ujarnya secara resmi seperti dikutip, Rabu (29/12/2021).

Penegasan komitmen untuk penyandang disabilitas dilakukan secara simbolis dengan melakukan penandatangan seragam HUT Danareksa yang dilakukan oleh Direktur SDM dan Hukum PT Danareksa (Persero), R. Muhammad Irwan dan Pembina DPP Gerkartin Banten, Yohana Runturambi. Adapun hal ini merupakan kelanjutan dari komitmen Kementerian BUMN dan dalam meningkatkan akses pemenuhan hak pekerja difabel di lingkungan BUMN.

Direktur SDM & Hukum PT Danareksa (Persero), R. Muhammad Irwan mengatakan bahwa Danareksa menyadari potensi penyandang disabilitas juga tidak kalah dengan kebanyakan orang lain, bahkan banyak yang sampai menorehkan prestasi. Namun, memang persaingan kerja yang dihadapi lebih penuh tantangan.

“Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam memberikan akses dan kesempatan yang sama bagi teman-teman penyandang disabilitas untuk berkarya, khususnya di ekosistem Holding Danareksa. Ke depannya, kami berharap dapat melengkapi beragam fasilitas dan dan akses yang dibutuhkan oleh mereka,” tambah Irwan.

Selain meneguhkan komitmen sebagai teman disabilitas, pada kesempatan yang sama Danareksa juga mendorong terwujudnya kesetaraan gender di Holding Danareksa dengan meresmikan peluncuran komunitas Srikandi Danareksa. Hal ini juga merupakan upaya Danareksa untuk mendukung perempuan dalam berkarya dan berprestasi di BUMN.

Corporate Secretary PT Danareksa (Persero) yang juga merupakan Ketua Srikandi Danareksa, Putu Dewika Angganingrum, mengatakan bahwa perempuan mempunyai kesempatan yang sama dalam bekerja dan berkarir. Namun, memang pandangan terhadap perempuan tidak bisa terlepas dari urusan domestik yang berdampak pada perbedaan kesempatan karir.

“Untuk itu, Srikandi Danareksa dapat menjadi wadah bagi perempuan untuk saling mendukung, mengembangkan kapabilitas, serta menjaga keseimbangnnya hingga akhirnya kita dapat dipercaya menjadi pemimpin di perusahaan,” ujarnya.

Pembentukan komunitas Srikandi Danareksa ini juga semakin mengukuhkan komitmen Danareksa untuk memfasilitasi kesempatan yang sama untuk bekerja dan berkarir di BUMN serta mendukung program Kementerian BUMN yang menargetkan peningkatan jumlah perempuan hingga 15% di tingkat direksi BUMN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper