Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Final Piala AFF 2020, Wapres Harap Timnas Indonesia Benahi 2 Hal Ini

Dengan pola permainan dan stamina yang baik, Wapres Ma'ruf Amin mengatakan besar kemungkinan Timnas Indonesia untuk memenangkan pertandingan di final Piala AFF 2020.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  16:29 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku "Darul Misaq: Indonesia Negara Kesepakatan", secara daring dari Jakarta, Senin (7/6/2021)./Antara - Asdep KIP Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengimbau agar Tim Nasional (Timnas) Indonesia dapat memperbaiki sejumlah hal untuk dapat memenangkan pertandingan dalam laga final Piala AFF 2020 leg pertama melawan Timnas Thailand di National Stadium, Singapura.

Ma’ruf menuturkan bahwa untuk memenangkan pertandingan, Timnas Indonesia harus memperbaiki stamina dan kecepatan.

“Memang ada dua hal menurut saya yang perlu dibenahi. Satu itu staminanya harus diperkuat, staminanya kalau bermain penuh 90 menit itu jangan sampai ada perubahan, itu saya kira yang harus didorong,” kata Wapres dalam keterangannya, dikutip melalui laman Wapres, Rabu (29/12/2021).

Lebih lanjut, Wapres menuturkan bahwa hal kedua yang harus dibenahi Timnas Indonesia adalah kecepatan para pemain.

“[Jika] dua hal ini dibenahi [stamina dan kecepatan], saya kira kita akan jauh lebih baik [untuk setiap laga],” ujarnya.

Kendati demikian, Wapres mengapresiasi permainan Timnas Indonesia yang dinilai sejauh ini sudah cukup baik. Hal ini terlihat saat dirinya turut menyaksikan laga semifinal melawan Timnas Singapura pada Sabtu lalu.

“Dari segi teknik permainan bagus sekali, serangan-serangan, kemudian bagaimana dia menyerang, kemudian dia bisa bertahan, itu sudah [baik]. Kalau permainan seperti itu, potensi kita memenangkan pertandingan [besar],” tuturnya.

Wapres pun memastikan bahwa dirinya akan kembali menyaksikan laga final Piala AFF malam ini dari rumah. Namun, saat dimintai prediksinya tentang skor pertandingan, dirinya enggan menyebutkan.

“Skornya nanti sajalah,” ujar Ma'ruf.

Terakhir, saat ditanya pendapatnya mengenai Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang ingin menyaksikan langsung pertandingan di Singapura, Wapres mempersilahkan saja sejauh dapat menjadi motivasi bagi para pemain.

“Kalau di sana bisa memberikan motivasi semangat untuk bertanding, saya kira ada baiknya dia pergi ke sana,” ungkapnya.

Sebelumnya, saat diwawancarai oleh Bisnis, Ma’ruf mengungkapkan bahwa dirinya sudah lama menyukai olahraga sepak bola.

“Kalau kecil waktu masih muda [olahraga] pertama yang saya sukai adalah bola. Saya pemain bola dulu, kemudian badminton,” ujarnya kepada Bisnis, di kawasan Nusa Dua, Bali, Jumat (17/12/21).

Bahkan, Ma’ruf pun memerinci sejumlah atlet-atlet yang dia ikuti rekam jejaknya. Untuk Badminton, mulai dari zaman Ferry Sonneville, Tan Joe Hok (Hendra Kartanegara), kemudian Rudy Hartono, dan Lim Swie King.

"Kalau bola dari mulai jaman Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani saya tau itu. Pemain luar negeri juga mengikuti [saya] mulai dari AC Milan saat masih ada trio belanda yang dream team, tetapi sekarang saya sukanya Manchester City," ungkapnya.

Untuk diketahui, AC Milan era akhir 1980-an hingga awal 1990-an identik dengan Trio Belanda yang berisikan Marco van Basten, Ruud Gullit, dan Frank Rijkaard. Ketiganya berandil mempersembahkan sederet titel bergengsi, baik di level domestik, kontinental, maupun dunia.

“Dulu saya juga suka Manchester United saat masih dilatih oleh Alex Fergusson, tetapi sekarang mulai menurun,” kata Ma’ruf.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia piala aff wapres ma'ruf amin
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top