Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kronologi Penularan Lokal Omicron: Pasien dari Medan Pergi ke Jakarta

Kemenkes mengatakan bahwa penularan kasus Covid-19 varian Omicron sudah terjadi antarwarga yang dimulai dari seorang pasien asal Medan yang pergi ke Jakarta.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  13:53 WIB
Tangkapan layar- Ilustrasi Virus Corona varian Omicron. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Tangkapan layar- Ilustrasi Virus Corona varian Omicron. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, SOLO - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan adanya penularan virus Covid-19 varian Omicron secara lokal.

Penularan lokal atau antarwarga ini terjadi setelah seorang laki-laki asal Medan terdeteksi tertular virus corona varian Omicron.

Pria berusia 37 tahun tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau kontak erat dengan pelaku perjalanan luar negeri. Namun pasien dan istri diketahui berkunjung ke Jakarta pada 6 Desember lalu. 

"Kemudian pada 17 Desember sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD," ujar Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi dalam konferensi pers daring, Selasa (28/12/2021).

Nadia menjelaskan, pasien diketahui terjangkit varian Omicron saat yang bersangkutan melakukan tes antigen ketika hendak kembali ke Medan pada 19 Desember. Antigen menunjukkan hasil positif Covid-19.

Sehari kemudian dilakukan PCR pada 20 Desember dan konfirmasi Omicron didapatkan dari laboratorium WGS pada 26 Desember.

"Sebagai tindak lanjut, yang bersangkutan saat ini sedang dalam proses evakuasi untuk melakukan isolasi di RSPI Sulianti Saroso. Dinas Kesehatan sudah berkoordinasi melakukan tracing di tempat yang bersangkutan datangi," lanjut Nadia.

Sebelumnya, pasien asal Medan tersebut menolak untuk dilakukan evakuasi oleh petugas.

"Tapi kemudian Dinkes DKI sudah berhasil menjelaskan dan memberikan pemahaman kepada yang bersangkutan, penjemputan dibantu oleh teman-teman dari Polres dan juga dari Koramil," ujar Nadia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes Covid-19 Pasien Covid-19 omicron

Sumber : Tempo

Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top