Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Fakta tentang Hari Ibu Nasional, Apa Saja Ya?

Hari Ibu di Indonesia jatuh pada tanggal 22 Desember. Berikut sejumlah fakta menarik tentang Hari Ibu Nasional.
Ucapan Selamat Hari Ibu/Pexels.com
Ucapan Selamat Hari Ibu/Pexels.com

Bisnis.com, SOLO - Tanggal 22 Desember menjadi hari yang spesial bagi sebagian orang, terutama kaum ibu. Pasalnya, tepat pada hari ini Hari Ibu dirayakan secara nasional.

Di media sosial, berbagai unggahan momen bersama ibu pun dengan mudah bisa ditemukan. Sementara itu, di Twitter sendiri, cuitan "Selamat Hari Ibu" menjadi trending topic sejak pagi.

Terhitung hingga artikel ini dipublikasikan, telah terdapat lebih dari 25,7 cuitan dengan kata kunci "Selamat Hari Ibu".

Nah, berkaitan dengan itu, berikut sederet fakta menarik di balik Hari Ibu Nasional.

1. Tiap negara punya tanggal perayaan Hari Ibu berbeda

Setiap negara memiliki Hari Ibu nasionalnya masing-masing. Indonesia sendiri menetapkan perayaan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember. Sementara itu, dilansir dari Reader’s Digest pada Rabu (22/12/2021), Meksiko merayakan Hari Ibu setiap tanggal 10 Mei, sedangkan Prancis setiap Minggu terakhir bulan Mei atau Minggu pertama Juni.

2. Diresmikan oleh Presiden Soekarno

Hari Ibu Nasional diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

3. Cara merayakan Hari Ibu

Tak hanya tanggalnya, cara merayakan Hari Ibu di tiap negara pun berbeda. Di Nepal, misalnya, para warga akan berkumpul di sebuah desa di Kathmandu dan masuk ke dalam kolam Matatritha. Mereka akan menggelar perayaan suci untuk menghormati dan mengenang para ibu yang telah meninggal.

Sementara itu, di Indonesia, Hari Ibu biasanya dirayakan dengan mengucapkan selamat, memberikan hadiah, makan bersama dengan ibu, maupun mengadakan berbagai perlombaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper