Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes Sebut Tengah Susun Tiga Proyek Integrasi, Apa Saja?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tiga tugas kepadanya. Salah satunya transformasi teknologi kesehatan untuk menjadi fokus pemerintah, terutama di masa pandemi Covid-19.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 02 Desember 2021  |  13:27 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin /Humas Setkab - Rahmat
Menkes Budi Gunadi Sadikin /Humas Setkab - Rahmat

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah menyusun tiga proyek integrasi untuk kebutuhan transformasi teknologi kesehatan.

“Terkait dengan teknologi kesehatan, saat ini Kementerian Kesehatan tengah menyusun tiga proyek integrasi yakni sistem data, aplikasi pelayanan dan pengembangan ekosistem,” ujarnya dalam agenda Google for Indonesia, Kamis (2/12/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tiga tugas kepadanya. Salah satunya transformasi teknologi kesehatan untuk menjadi fokus pemerintah, terutama di masa pandemi Covid-19.

"Pak presiden memberi tugas ke saya ada tiga. Yang pertama, adalah melaksanakan vaksinasi, mengatasi pandemi, dan melakukan reformasi serta transformasi besar di sektor kesehatan, transformasi teknologi kesehatan," katanya.

Budi melanjutkan, dengan adanya sokongan teknologi digital seperti kecerdasan buatan (AI), maha data (big data), hingga internet untuk segala (Internet of Things/IoT) akan mengubah kegiatan di sektor kesehatan secara drastis.

Dia juga menilai, dengan bantuan AI, big data, IoT akan mengubah drastis konstelasi industri kesehatan, mulai dari sisi diagnosis, testing, screening, semuanya akan berubah termasuk delivery-nya.

"Saat ini memang kita masih banyak melihat pemain di [sektor] delivery seperti telemedisin, teleconsultation. Namun, dengan data integrasi yang nanti rencananya akan kita lakukan, diharapkan ribuan bahkan jutaan CT Scan bisa masuk, puluhan juta data MRI bisa masuk. Dan ini sangat membantu machine learning dan AI yang jago juga akan sangat membantu itu," tuturnya.

Budi berharap peran perusahaan teknologi di bidang kesehatan (startup healthtech) bisa makin memasyarakatkan dan mempermudah publik mengakses layanan kesehatan.

"Kita banyak memakai cloud services (layanan awan), maps, dan saya berharap komunikasi bisa dibantu. Misalnya lewat YouTube juga untuk mensosialiasikan, mengedukasi, dan mempromosikan [industri, layanan] kesehatan. Sehingga [informasi kesehatan] bukan hanya didapatkan lewat buku dan koran, tapi juga bisa lewat Google, YouTube," ujarnya.

Sebelumnya pada Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 pekan lalu, Menkes mengatakan teknologi kesehatan menjadi salah satu pilar dalam transformasi digital yang merujuk pada 5 sasaran Jaminan Kesehatan Nasional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top