Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Omicron Serang Afrika, Xi Jinping Janjikan Bantuan 1 Miliar Dosis Vaksin

China telah menjual sekitar 136 juta dosis vaksin kepada Afrika dan berjanji akan memenuhi donasi sebanyak 19 juta dosis. Sebanyak 107 juta dosis telah dikirim. Sebanyak 11,6 juta dosis telah dikirim melalui inisiasi Covax.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 30 November 2021  |  12:33 WIB
Presiden China Xi Jinping  menuju ke Rumah Sakit (RS) Huoshenshan setelah tiba di Wuhan untuk melakukan kunjungan inspeksi, Selasa (10/3 - 2020). Wuhan merupakan kota di Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran Virus Corona atau Covid/19. Foto: Antara dari Xinhua
Presiden China Xi Jinping menuju ke Rumah Sakit (RS) Huoshenshan setelah tiba di Wuhan untuk melakukan kunjungan inspeksi, Selasa (10/3 - 2020). Wuhan merupakan kota di Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran Virus Corona atau Covid/19. Foto: Antara dari Xinhua

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden China Xi Jinping berjanji akan menyuplai vaksin Covid-19 sebanyak 1 miliar dosis untuk negara-negara di Afrika, seiring dengan kemunculan varian baru omicron.

Dilansir Bloomberg pada Senin (29/11/2021), Xi mengatakan 600 juta dosis akan didonasikan langsung dan sisanya akan diproduksi oleh China bersama dengan perusahaan di Afrika.

Dia berbicara melalui video di forum tiga tahunan kedelapan tentang Kerja Sama China-Afrika di Diamniadio, Senegal pada Senin.

"Kita perlu mengutamakan manusia dan nyawanya yang dipandu dengan ilmu pengetahuan, mendukung penghapusan kekayaan intelektual pada vaksin Covid-19 dan memastikan aksesibilitas serta keterjangkauan vaksin di Afrika untuk menjembatani kesenjangan vaksinasi," ujar Xi dalam pidatonya.

China telah menjual sekitar 136 juta dosis vaksin kepada Afrika dan berjanji akan memenuhi donasi sebanyak 19 juta dosis. Sebanyak 107 juta dosis telah dikirim. Sebanyak 11,6 juta dosis telah dikirim melalui inisiasi Covax.

Di samping bantuan vaksin, Beijing juga akan memberikan bantuan berupa kredit melalui lembaga keuangan Afrika senilai US$10 miliar. Xi juga mendorong korporasi di China untuk berinvestasi di Afrika hingga US$10 miliar dalam 3 tahun ke depan.

Konferensi dua hari itu berlangsung saat negara-negara Afrika sedang menghadapi persebaran strain baru omicron. China sebagai mitra dagang terbesar Afrika memiliki peran penting dalam pemulihan ekonomi benua.

“Pidato utama Xi Jinping berfokus pada perhatian paling mendesak untuk benua ini, yaitu kekurangan vaksin untuk memerangi pandemi, terutama mengingat varian baru," ujar asisten profesor Politik dan Urusan Internasional di Universitas Wake Forest Lina Benabdallah

Dia mengatakan janji vaksin yang disampaikan Xi menjadi yang terbesar yang dibuat sejauh ini ke Afrika.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china Covid-19 omicron

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top