Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelolaan ASN, Taspen Bersinergi dengan Negara-Negara di Asia

PT Taspen (Persero), sebagai BUMN yang bergerak di bidang sosial, terus mengoptimalkan sinergitas dengan berbagai pihak demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada para nasabahnya, yang diwujudkan dengan menjadi satu-satunya perwakilan negara Indonesia dalam acara Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF).
ASN. /Kemendagri
ASN. /Kemendagri

Bisnis.com, JAKARTA –  PT Taspen (Persero), sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang sosial, terus mengoptimalkan sinergitas dengan berbagai pihak demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada para nasabahnya.

Sinergi tersebut diwujudkan Taspen dengan menjadi satu-satunya perwakilan negara Indonesia dalam acara Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) yang dilaksanakan secara hybrid di Jeju, Korea Selatan oleh Government Employee Pension Service (GEPS) Korea pada 22-23 November 2021.

Direktur Utama PT Taspen, A.N.S Kosasih mengatakan bahwa Taspen selalu memberikan apa yang peserta butuhkan untuk kemudahan layanan. “Banyak inovasi berkelanjutan yang sudah Taspen lakukan di 2021, terutama selama masa pandemi Covid-19. Inovasi-inovasi digitalisasi layanan ini adalah sebuah bentuk dari continuous improvement Taspen untuk selalu memberikan yang terbaik untuk para peserta,” ujarnya seperti siaran resmi yang diterima, Kamis (25/11).

Kegiatan ini turut dihadiri para profesional untuk berbagi pengetahuan, wawasan, dan pengalamannya, antara lain, CEO GEPS Korea Hwang Seo Chong, Prof. Mukul G. Asher dari University of Singapore, Prof. Cho Young Tae dari Seoul National University, Direktur Utama PT Taspen, A.N.S. Kosasih, Director GPF Thailand Pisut Sampatanukul, Director KWAP Malaysia Muhamad Hafiz Abas dan Executive Vice President GSIS Philippines Nora M. Malubay.

Kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan yang dilanjutkan dengan dua sesi pemaparan presentasi oleh para profesional. Setelah itu forum dilanjutkan dengan sesi ketiga di Kantor Pusat GEPS dengan agenda rapat tertutup.

CEO of GEPS Hwang Seo Chong memberikan apresiasi tertinggi atas kehadiran para profesional dan peserta GEPS.

Menurutnya dengan kegiatan Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) 2021 ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para negara-negara di Asia untuk menjalin hubungan baik, memahami tren terbaru reformasi pengelolaan jaminan sosial ASN, menemukan penyelesaian masalah bersama-sama dan menerapkan strategi terhadap keberlanjutan sistem pembayaran pensiun ASN terutama di tengah situasi pandemi Covid-19.

Adapun seperti diketahui Taspen merupakan BUMN yang mengelola jaminan sosial bagi para ASN dan pejabat negara di seluruh Indonesia dengan 4 program unggulan yang terdiri dari rogram Tabungan Hari Tua (THT), Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian.

Taspen memiliki pengalaman lebih dari 58 tahun dan terus melakukan Inovasi Layanan untuk kemudahan para pesertanya, dan tetap fokus dalam melayani ASN, pejabat negara, dan non ASN pada instansi pemerintah.

Selama masa pandemi, Taspen menerapkan layanan digital untuk memudahkan peserta, salah satunya dengan menghadirkan digital otentikasi. Layanan ini memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung melalui anjungan tunai mandiri (ATM).

Guna menghindari penularan Covid-19, Taspen meluncurkan layanan TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan e-klim, tcare, dan otentikasi digital. Lebih lanjut, peserta pensiunan dapat mengakses layanan Taspen melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim, mengajukan pertanyaan, dan keluhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper