Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WSBK di Mandalika Dimulai, Pemerintah Harap Bisa Dorong Ekonomi Kreatif

Diselenggarakannya WSBK 2021 di Mandalika diharapkan dapat memberi efek berganda bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Penonton menyaksikan balap World Superbike (WSBK) 2021 di tribune pada Jumat (19/11/2021)/Bisnis-Feni Freycinetia
Penonton menyaksikan balap World Superbike (WSBK) 2021 di tribune pada Jumat (19/11/2021)/Bisnis-Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA - Acara balap motor internasional Superbike World Championship atau Kejuaraan Dunia Superbike 2021 (WSBK) resmi dimulai pada Jumat (19/11/2021).

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Odo R.M. Manuhutu mengungkapkan, diselenggarakannya WSBK 2021 di Mandalika diharapkan dapat memberi efek berganda bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ini menjadi pemicu bagi aktor pariwisata dan ekonomi kreatif lokal untuk memberikan kesan yang baik dan mendalam tentang Mandalika,” ujar Odo dalam keterangannya, Jumat (19/11/2021).

“Sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas adalah momentum yang harus kita jaga dan jamin agar kebermanfaatannya dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh lapisan masyarakat setempat,” sambungnya.

Odo melanjutkan bahwa secara bersamaan, pelaksanaan WSBK 2021 turut mengakselerasi pembangunan DPSP Mandalika yang mencakup aksesibilitas, atraksi dan amenitas.

“Proyeksi kedatangan puluhan ribu partisipan dalam WSBK 2021 dalam tiga hari tentu akan memberikan multiplier effect (efek berganda) bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Mandalika,” jelasnya.

Sebagai tuan rumah, Indonesia berkesempatan untuk membuktikan kesiapannya sebagai penyelenggara acara bergengsi internasional di era pandemi Covid-19. Pelaksanaan WSBK 2021 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat berlangsung pada 19-21 November 2021.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi, Arya Sinulingga mengungkapkan, Pertamina Mandalika International Circuit ini telah menjadi kebanggaan baru masyarakat dan bangsa Indonesia sebagai sirkuit tempat diselenggarakannya event balap internasional,” tutur Arya.

Lebih lanjut, Arya Sinulingga menyatakan bahwa sirkuit Pertamina Mandalika perlu dioptimalkan secara maksimal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

“perlu bersama-sama dijaga agar terus memberikan manfaat untuk kemajuan ekonomi dan menjadi bagian dari kebanggaan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper