Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Max Sopacua Meninggal, dari Penyiar Olahraga TVRI ke Panggung Politik

Politisi senior eks Partai Demokrat Max Sopacua meninggal pada hari ini. Berikut perjalanan kariernya dari penyiar olahraga di TVRI hingga ke panggung politik
Eks Politisi Senior Partai Demokrat Max Sopacua./Antara
Eks Politisi Senior Partai Demokrat Max Sopacua./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Politikus senior Max Sopacua meninggal dunia pada Rabu (17/11/2021). di RSPAD Gatot Soebroto. Dia menghembuskan napas terakhir pada usia 75 tahun.

Pria kelahiran Ambon, Maluku ini mengawali kariernya dengan bekerja di TVRI. Namanya populer pada era 1980-1990-an sebagai penyiar berita olahraga. Pada 2002 Max banting setir. Dia melanjutkan kariernya sebagai seorang politikus. Partai Demokrat menjadi pilihannya.

Dia langsung menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Wasekjen DPP) Partai Demokrat hingga 2005.

Saat Demokrat dipimpin Ketua Umum (Ketum) Hadi Utomo periode 2005–2010, Max ditunjuk sebagai Ketua DPP Bidang Pendidikan, Pemuda dan Kominfo.

Pada Juni 2019, Max bersama sejumlah tokoh senior Partai Demokrat membentuk Gerakan Moral Penyelamat Partai Demokrat (GMPPD), mereka menyerukan agar diadakannya Kongres Luar Biasa (KLB) selambat-lambatnya pada 9 September 2019.

Pada Desember 2020, Max menyatakan diri keluar dari Partai Demokrat dan bergabung ke Partai Era Masyarakat Sejahtera (Partai Emas) yang didirikan oleh Hasnaeni. Tak lama, Max keluar dari partai tersebut.

Terakhir, dia ikut mendukung pelaksanaan KLB Demokrat di Deli Serdang bersama dengan Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Max Sopacua pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selama dua periode pada 2004–2009 dan 2009–2014.

Max Sopacua meninggal pukul 05.53 di RSPAD Gatot Subroto. Kabar duka ini dibenarkan oleh Politikus Partai Demokrat Herman Khaeron.

"Iya betul," kata Herman saat dihubungi Bisnis, Rabu (17/11/2021).

Max meninggal karena menderita sakit. 

Herman pun mengaku belum tahu di mana Max Sopacua akan dimakamkan.

"Belum tahu, namun tadi ada permintaan menggunakan ambulan Demokrat dari anaknya (Max Sopacua)," kata Herman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper