Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Forum Ekselen BUMN Punya Ketua Baru

Faisal Yusra terpilih menjadi Ketua Umum Forum Ekselen BUMN (FEB) masa jabatan 2021-2024.
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis/Himawan L Nugraha
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Forum Ekselen BUMN (FEB) kini memiliki ketua umum baru, setelah Musyawarah Nasional (Munas) FEB 2021 menghasilkan nama Faisal Yusra yang akan menduduki jabatan tersebut untuk masa kerja 2021-2024.

Adapun, FEB adalah forum pembelajaran untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja ekselen di lingkungan BUMN, dalam rangka meningkatkan daya saing maupun kinerja BUMN.

Seperti dilansir dari Antara, Senin (16/11/2021) Faisal terpilih menjadi Ketum FEB setelah meraup 15 suara dari 36 anggota yang menghadiri Munas. Dari kuorum tersebut, 31 anggota menyetujui agar Faisal menjadi ketua umum.

"Ini yang membuat saya terpanggil, karena ini nampak terjadi penurunan [keikutsertaan BUMN dalam FEB0," kata Faisal.

Sebelumnya, karier Faisal di BUMN cukup banyak dihabiskann di PT Pertamina (Persero). Beberapa jabatan yang pernah ia isi mulai dari komisaris, chief audit, hingga manajer.

Selain itu, dia pun sempat beberapa kali diganjar penghargaan mulai dari Satyalancana Kehormatan Wirakarya dari Presiden tahun 2015, dan sejumlah penghargaan lainnya dari PT Pertamina.

Dia berencana membuat FEB menjadi solusi bagi para BUMN yang memiliki beragam kendala dalam bisnisnya. Dengan demikian, FEB dapat menjadi organisasi yang dipercaya guna memberikan masukkan kepada dunia bisnis.

"Jadi FEB ini harus bisa berkembang menjadi mitra bisnis bagi seluruh sektor, bukan hanya BUMN. Saya sebutnya itu BUMN plus untuk melakukan proses tadi," kata Faisal.

Selain itu, dia juga ingin memperkuat BUMN yang kini dilanda berbagai permasalahan. Maka dari itu, ia pun berharap BUMN membuka diri untuk bisa melakukan asesmen dengan dibantu tenaga dari FEB.

"Jadi memang kita kan membuka diri untuk memberikan masukkan, bagaimana bisa memotret memetakan suatu bisnis itu," kata Faisal.

Sementara itu, dalam agenda Munas itu, PT Indonesia Power mendapat predikat Industry Leader dengan nilai asesmen Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) sebesar 682.75.

Menurut Faisal, para BUMN bisa meniru apa yang dilakukan oleh PT Indonesia Power itu. Karena selain terbuka untuk pelaksanaan asesmen, dia menilai PT Indonesia Power pun melakukan kinerja yang sangat baik dalam berbagai bidangnya.

"Hampir semua kriteria itu dapat nilai baik, jadi rata dari tujuh dimensi itu, mereka mendapatkan hal-hal yang positif, kalau dia pincang hanya beberapa kriteria, tidak akan menjadi Industry Leader, kalau dia hampir merata, di seluruh dimensi itu hasilnya bagus" kata dia.

Adapun unsur-unsur yang dinilai dalam asesmen KPKU itu mengadopsi dan mengadaptasi Boldridge Exellence Framework versi tahun 2019-2020. Asesmen itu dinilai berdasarkan proses berbasis ADLI (Approach, Deployment, Learning, Intergration). Kemudian juga dinilai dengan berbasis LeTCI (Level, Trend, Comparison, Integration).

Berikut daftar pengurus inti FEB Periode 2021-2024:

Ketua Umum: Faisal Yusra

Wakil Ketua: Sutrisno

Sekretaris:Firmanto Purdhy

Bendahara: Fonny Yulina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper