Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang Berencana Kucurkan Subsidi untuk Pabrik Cip

Perusahaan yang bisa mendapatkan kucuran dana tersebut adalah ketika mereka memproduksi cip secara domestik di tengah kondisi kelangkaan secara global.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 08 November 2021  |  09:46 WIB
Ilustrasi chip -  Bloomberg
Ilustrasi chip - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Jepang bakal mengembangkan sistem subsidi untuk mendukung produksi cip secara domestik. Laporan Nikkei menyebutkan pabrik baru TSMC asal Taiwan kemungkinan menjadi penerima subsidi pertama.

Dilansir CNA, Senin (8/11/2021), pemerintah akan mengalokasikan ratusan miliar yen dalam bujet tambahan untuk dikucurkan kepada NEDO, sebuah organisasi pemerintah yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan di sektor energi dan teknologi industry.

Perusahaan yang bisa mendapatkan kucuran dana tersebut adalah ketika mereka memproduksi cip secara domestik di tengah kondisi kelangkaan secara global.

Perdana Menteri Fumio Kishida sebelumnya berkomitmen untuk memprioritaskan keamanan ekonomi, termasuk memacu produksi semikonduktor.

Pemerintah kemungkinan mengucurkan subsidi pada TSMC senilai 1 triliun yen (US$8,82 miliar) untuk membangun pabrik yang memproduksi cip di Kumamoto, Jepang.

Berdasarkan laporan Nikkei, pabrik di Kumamoto ini ditargetkan dapat memproduksi cip untuk otomotif, sensor kamera, dan produk lainnya yang saat ini terdampak akibat kelangkaan cip.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang chip

Sumber : CNA

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top