Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengamat: Kelompok Oposisi di Era Jokowi Tiarap Semua

Partai oposisi banyak yang tidak bersuara untuk merespon kebijakan pemerintah, karena Presiden Jokowi cukup mahir mengatur kelompok oposisi tersebut.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 04 November 2021  |  12:51 WIB
Pengamat: Kelompok Oposisi di Era Jokowi Tiarap Semua
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidatonya dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, pada KTT ASEAN ke-38, secara virtual, Selasa (26/10/2021) - BPMI Setpres - Lukas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai piawai dan mahir dalam membungkam dan membatasi ruang gerak kelompok oposisi sehingga tidak ada lagi tokoh maupun partai politik yang berani mengkritik kebijakan pemerintah.

Direktur Eksekutif Voxpol Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan peran oposisi dewasa ini sangat penting dalam sebuah negara demokrasi seperti Indonesia.

Dia menilai alasan partai oposisi banyak yang tidak bersuara untuk merespon kebijakan pemerintah, karena Presiden Jokowi cukup mahir mengatur kelompok oposisi tersebut.

"Presiden kita sungguh kuat, lebih kuat daripada partai manapun. Dulu di periode pertama, Jokowi yang diatur partai. Sekarang periode kedua, dia (Jokowi) yang mengatur parlemen dan partai politik," tuturnya kepada Bisnis, Kamis (4/11/2021).

Padahal, menurut pria yang akrab disapa Ipang tersebut kelompok oposisi bisa memiliki peran penting untuk membongkar kebijakan Presiden Jokowi yang tidak pro kepada kepentingan rakyat saat ini.

"Jika ada kebijakan Pemerintah yang tidak pro ke rakyat, kelompok oposisi ini bisa menekan agar Pemerintah mencabut kebijakan itu. Oposisi ini adalah sebuah kenicayaan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi oposisi
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top