Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wakatobi Targetkan Bisa Capai 80 Persen Vaksinasi pada Akhir 2021

Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu berharap kehadiran sentra vaksinasi Covid-19 dapat membantu target vaksinasi di Wakatobi mencapai angka 80 persen pada akhir tahun.
Keindahan alam laut Wakatobi/Antara
Keindahan alam laut Wakatobi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu berharap kehadiran sentra vaksinasi Covid-19 dapat membantu target vaksinasi di Wakatobi mencapai angka 80 persen pada akhir tahun.

Dia melanjutkan, sentra Vaksinasi di Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Wakatobi, Sulawesi Tenggara berlangsung di Taman Budaya Wakatobi, Pulau Wangi-Wangi, mulai 26 hingga 28 Oktober 2021 dengan target peserta vaksin sebanyak 1.000 orang.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin merupakan kunci pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Wakatobi, dan Indonesia pada umumnya.

"Dukungan Fasilitasi Sentra Vaksinasi di Wakatobi ini sebagai langkah percepatan dalam pemulihan sektor parekraf, sejalan dengan arahan Menparekraf Sandiaga Uno" ujarnya lewat keterangan resmi, Rabu (27/10/2021).

Direktur Pengembangan Destinasi II, Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Gunawan, menjelaskan, Fasilitasi Sentra Vaksinasi di Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Wakatobi merupakan hasil kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Wakatobi, TNI, dan Polri yang harmonis dalam mendukung kesiapan di destinasi.

"Tingkat vaksinasi di Wakatobi perlu kita genjot karena berada di wilayah DPP, dukungan Pemerintah Daerah, TNI dan Polri sangat dibutuhkan dalam rangka percepatan vaksinasi di Wakatobi" katanya.

Dukungan Fasilitasi Sentra Vaksinasi di Wakatobi ini sebagai langkah percepatan dalam pemulihan sektor parekraf. Penyebabnya, pemerintah Kabupaten Wakatobi menargetkan tingkat vaksinasi mencapai 80 persen pada Desember 2021.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per tanggal 26 Oktober 2021, tingkat vaksinasi di Kabupaten Wakatobi dosis pertama baru mencapai 22,47 persen dan dosis kedua 9,94 persen.

Adapun, tingkat vaksinasi menjadi indikator penurunan level PPKM walaupun di Wakatobi sudah 0 kasus, tetapi saat ini Wakatobi masih berada di level 3 karena tingkat vaksinasi di Wakatobi masih rendah.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wakatobi Eliyati, menjelaskan, dengan adanya sentra vaksinasi diharapkan dapat membantu menurunkan tingkat PPKM di Wakatobi turun ke level 2.
"Tenaga kesehatan serta dinas kesehatan harus bisa menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya dan manfaat vaksinasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper