Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR: Lakukan Investigasi Menyeluruh atas Kecelakaan LRT & Transjakarta

Puan mengatakan bahwa menjaga kepercayaan publik penting dilakukan khususnya pada LRT Jabodetabek yang merupakan moda transportasi baru.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 26 Oktober 2021  |  13:06 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar Kesetiaan Pancasila dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Jumat (1/10 - 2021) / Youtube Sekretariat Presiden
Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar Kesetiaan Pancasila dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Jumat (1/10 - 2021) / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua DPR Puan Maharani meminta dilakukn Investigasi menyeluruh untuk mengetahui penyebab kecelakaan transportasi publik Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodetabek dan Bus Transjakarta kemarin.

“Keamanan dan keselamatan bertransportasi publik adalah hak masyarakat. Oleh karenanya, masyarakat harus megetahui penyebab kecelakaan, dan sebaliknya regulator maupun operator harus bisa memulihkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik,” kata Puan, Selasa (26/10/2021).

Puan mengatakan bahwa menjaga kepercayaan publik penting dilakukan khususnya pada LRT Jabodetabek yang merupakan moda transportasi baru. Apalagi pembangunan dan pengoperasian LRT Jabodetabek, yang mengalami kecelakaan saat uji coba, dilakukan oleh BUMN.

“Antusiasme dan kepercayaan masyarakat terhadap LRT Jabodetabek jangan sampai layu sebelum berkembang hanya karena satu kecelakaan saat uji coba,” tegas Puan.

Mantan Menko PMK ini mengatakan, tidak ada cara lain untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik selain terus meningkatkan keselamatan dan keamanan warga negara sebagai pengguna.

“Targetnya harus zero accident. Apalagi LRT mempunyai jalur sendiri dan digembar-gemborkan meggunakan sistem dan teknologi canggih,” kata Puan.

Selain itu, menurut Puan, LRT Jabodebatek harus bisa menjadi kebanggaan bangsa karena merupakan hasil karya anak bangsa melalui kerjasama 4 BUMN.

“Pemerintah dan operator LRT harus mengubah rasa khawatir dan cemas masyarakat menjadi rasa bangga bertransportasi dengan karya anak bangsa,” kata Puan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jabodetabek puan maharani LRT
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top