Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BEM SI Gelar Aksi di Gedung KPK, Ini Sejumlah Tuntutannya

Unjuk rasa tersebut dilatarbelakangi oleh ketidakberpihakan Presiden Jokowi terhadap 57 pegawai KPK yang diberhentikan dengan hormat karena tidak lulus TWK.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 September 2021  |  13:37 WIB
BEM SI Gelar Aksi di Gedung KPK, Ini Sejumlah Tuntutannya
Petugas Kepolisian bersiaga mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa di depan Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/9/2021) - BISNIS - Setyo Aji Harjanto.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dan Gerakan Selamatkan KPK (GASAK) melakukan unjuk rasa di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Unjuk rasa tersebut dilatarbelakangi oleh ketidakberpihakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap 57 pegawai KPK yang diberhentikan dengan hormat karena tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

“Gerakan selamatkan KPK, pada hari ini berkumpul menindaklanjuti dengan apa yang menjadi jawaban Pak Presiden [Jokowi] hingga saat ini tidak memberikan keberpihakannya terhadap pegawai KPK. Maka seperti ultimatum yang kami berikan, 3 kali 24 jam tidak ada jawaban, kami akan turun ke jalan,” kata perwakilan BEM SI, dikutip dari Instagram @bem_si, Minggu (26/9/2021).

Mereka pun mengajak para mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya untuk bergabung dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, BEM SI dan GASAK melayangkan surat kepada Presiden Jokowi yang berisi permintaan agar mengangkat puluhan pegawai KPK yang tak lolos TWK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Jokowi memiliki waktu 3 x 24 jam untuk mengambil sikap. Dalam surat tersebut BEM SI dan GASAK juga menyinggung janji Jokowi untuk menguatkan KPK.

Berikut ini sejumlah tuntutan BEM SI dan GASAK dalam aksi unjuk rasa hari ini:

1. Mendesak Ketua KPK untuk mencabut SK 652 dan SK Pimpinan KPK tentang pemberhentian 57 pegawai KPK yang dikeluarkan pada tanggal 13 September yang disebabkan oleh TWK yang cacat formil secara substansi mengandung rasisme, terindikasi pelecehan, dan mengganggu hak privasi dalam beragama.
2. Mendesak Presiden untuk bertanggung jawab dalam kasus upaya pelemahan KPK dengan mengangkat 57 pegawai KPK menjadi ASN.
3. Menuntut Ketua KPK Firli Bahuri untuk mundur dari jabatannya karena telah gagal menjaga integritas dan marwah KPK dalam pemberantasan korupsi.
4. Mendesak KPK agar menjaga marwah dan semangat pemberantasan korupsi.
5. Menuntut KPK agar segera menyelesaikan permasalahan korupsi seperti kasus bansos, BLBI, benih lobster, suap ditjen pajak, kasus suap KPU Harun Masiki, dsb.

Adapun, siang ini, Senin (27/9/2021), massa BEM SI dan GASAK dikabarkan sudah berada di depan Gedung KPK dengan aparat kepolisian yang berjaga di sekitarnya.

Hingga berita ini diturunkan, berdasarkan video unggahan lainnya di sosial media BEM SI, unjuk rasa berjalan kondusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi KPK demo mahasiswa bem
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top