Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UI Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS Graduate Employability Rangkings 2022

UI pun masuk dalam jajaran 60 persen universitas teratas QS Graduate Employability Rankings 2022.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 September 2021  |  13:33 WIB
Universitas Indonesia - Antara
Universitas Indonesia - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Universitas Indonesia (UI) kembali mendapat pengakuan sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS).

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia ini merilis QS Graduate Employability Rankings 2022 menempatkan UI sebagai universitas terbaik di Indonesia, peringkat ke-11 di Asia Tenggara, dan berada pada kelompok peringkat 251-300 dunia.

UI pun masuk dalam jajaran 60 persen universitas teratas QS Graduate Employability Rankings 2022.

Rektor UI Profesor Ari Kuncoro mengatakan, bahwa capaiam tersebut merupakan hasil kerja keras semua insan UI sebagai upaya menjadi universitas kelas dunia atau world class university.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua elemen di UI yang terus berkontribusi memberikan sumbangsih dan bergerak menuju UI yang lebih baik, sekalipun tantangan makin berat,” katanya dikutip dari laman UI, Jumat (24/9/2021).

Dalam penentuan pemeringkatan ini, QS Quacquarelli Symonds melihat data 550 universitas yang terdiri dari 204 universitas di Eropa, 155 di Asia Pasifik, 108 di Amerika Serikat dan Kanada, 52 di Amerika Latin, dan 31 universitas di Timur Tengah dan Afrika. 

 5 Indikator

QS melakukan penilaian pemeringkatan berdasarkan lima indikator, yaitu Employer Reputation dengan bobot 30 persen, Alumni Outcomes (25 persen), Partnerships with Employers per Faculty (25 persen), Employer – Student Connections (10 persen), dan Graduate Employment Rate (10 persen).

Berdasarkan indikator tersebut, UI mendapatkan skor tertinggi dalam penilaian salah satu indikator kinerja terbaik, yakni Employer Reputation dengan skor 48.9, serta menempatkan UI unggul di Indonesia dan berada di peringkat ke-137 dunia.

Tak hanya itu, UI juga unggul di Indonesia pada indikator Alumni Outcomes yang menempatkan UI pada peringkat ke-228 di dunia.

Director of Research di QS Ben Sowter mengatakan, edisi terbaru dari QS Graduate Employability Rankings menegaskan tren positif yang meningkat untuk UI, di mana dalam QS World University Rankings edisi 2022 UI naik dari posisi 305 ke 290.

“Tabel baru ini melihat UI naik satu band dan naik ke tingkat menengah pada tabel peringkat 251-300. Hebatnya, UI adalah universitas di Indonesia yang disukai oleh pemberi kerja internasional, yang menempatkan UI pada peringkat ke-137 secara global dalam kriteria “Employer Reputation”, yang merupakan metrik utama dalam metodologi kami,” ungkapnya.

Tahun ini dalam pemeringkatan edisi 2022, Indonesia meningkatkan posisinya dengan dua universitas baru, sehingga ada delapan universitas di Indonesia yang masuk dalam QS Graduate Employability Rankings.

Dua universitas terkemuka di tabel ini, yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro, naik ke tabel peringkat 251-300.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas universitas indonesia perguruan tinggi
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top