Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Visi 2045, Indonesia Harus Siapkan Sejumlah Skenario Matang

Indonesia perlu menyiapkan sejumlah skenario untuk menghadapi Visi Indonesia 2045, yakni gagasan ideal untuk menjadi negara berdaulat, maju, adil, dan makmur pada dirgahayu keseratus mendatang.
Budiman Sujatmiko
Budiman Sujatmiko

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia perlu menyiapkan sejumlah skenario untuk menghadapi Visi Indonesia 2045, yakni gagasan ideal untuk menjadi negara berdaulat, maju, adil, dan makmur pada dirgahayu keseratus mendatang.

Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko mengatakan pada 2025 hingga 2045, akan ada perkembangan inovasi dan teknologi serta menjadi lebih matang berkat digitalisasi.

Budiman juga menyebut bahwa dalam prosesnya nanti akan mengalami transformasi masyarakat. Maka dari itu, Budiman menilai Indonesia 2045 harus mempunyai banyak skenario untuk mengikuti perkembangan jaman.

"Prediksi saya, Indonesia haru mempunyai tiga skenario. Skenario A, Indonesia adalah negara yang patuh pada skenario global. Skenario B, Indonesia adalah negara yang memimpin. Skenario C, Indonesia adalah negara yang mencerahkan," ujar Budiman dalam keterangan resmi, Senin (16/8/2021).

Setelahnya, menurut Budiman Indonesia akan masuk kedalam jalan kemajuan dan Pancasila sebagai fondasi serta rantai nilai kemajuan bangsa.

Ke depan, Budiman ingin merefleksikan Trisakti Bung Karno menjadi Trisakti ABC dengan Alami, Asasi dan Abadi menjadikan harmonisasi manusia berbasis teknologi berdasarkan hak manusia masa depan untuk menjawab urusan hidup mati manusia. 

Untuk Trisakti ABC dengan Berdana, Berdata dan Bedaya akan menjadikan Universal Basic Income atau Pendapatan Asasi Universal sebagai hak asasi baru di mana tiap warga harus memiliki dana.

Selain itu data akan menjadi alat tukar dan model ekonomi baru untuk menjemput kemajuan melalui pengembangan industri strategis. Adapun yang terakhir, dengan Cinta, Cita, Cipta akan mewujudkan visi untuk mewujudkan cita-cita masyarakat dengan daya cipta.

"Dengan merefleksikan Trisakti ABC, sebagai turunan dari Trisakti Bung Karno di era Revolusi 4.0 dan pandemi, akan lebih mudah untuk menuju kemajuan di tahun 2045," tutur Budiman.

Seperti diketahui pada 2016, Presiden Joko Widodo menugaskan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas untuk menyusun Visi Indonesia 2045, 100 tahun Indonesia Merdeka.

Visi ini tidak hanya berisi gambaran ideal mengenai wujud Indonesia pada tahun 2045 tetapi juga memuat peta jalan yang mampu dan perlu dicapai hingga tahun 2045.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper