Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TNI Kirimkan 122 Nakes, Bantu Penanganan Covid-19 di Yogyakarta

Sebanyak 122 Prajurit Siswa Pa PK Khusus Nakes tersebut termasuk 88 Dokter Umum, 11 Dokter Gigi, 4 orang Perawat, dan 8 orang Apoteker.
ParaPrajurit Siswa Pa PK TNIKhusus Tenaga Kesehatan menaiki pesawat Hercules sebelum diberangkatkan ke DIY, Senin (9/8/2021) - Twitter/@Puspen_TNI
ParaPrajurit Siswa Pa PK TNIKhusus Tenaga Kesehatan menaiki pesawat Hercules sebelum diberangkatkan ke DIY, Senin (9/8/2021) - Twitter/@Puspen_TNI

Bisnis.com, JAKARTA - TNI mengirimkan 122 tenaga kesehatan dari Prajurit Siswa Pa PK TNI Khusus Tenaga Kesehatan untuk ditempatkan di 5 wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yakni Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Gunung Kidul.

Pengiriman Nakes tersebut sesuai dengan pernyataan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memimpin Rapat penanganan Covid-19 di Kantor Pemkab Bantul, DIY, Minggu (8/8/2021), guna memberikan dukungan penambahan Nakes di 5 wilayah tersebut.

Pada hari ini, Senin (9/8/2021), 122 Nakes Prajurit Siswa Pa PK TNI tersebut diberangkatkan dengan menggunakan 2 pesawat Hercules C130 TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Sebanyak 122 Prajurit Siswa Pa PK Khusus Nakes tersebut terdiri dari 88 Dokter Umum, 11 Dokter Gigi, 4 orang Perawat, 8 orang Apoteker, 2 orang Fisioterapi, 1 orang Radiologi, 3 orang Ahli Gizi, 1 orang Elektromedis, 2 orang Analis Medis, 1 Rekam Medis dan 1 Perawat Gigi telah selesai melaksanakan tugas di Jabodetabek.

TNI
TNI

Para Prajurit Siswa Pa PK TNI Khusus Tenaga Kesehatan mengikuti apel sebelum diberangkatkan ke DIY, Senin (9/8/2021) - Twitter/@Puspen_TNI

Dilansir Puspen TNI, pemberangkatan 122 nakes ini merupakan respons Panglima TNI yang telah beberapa kali melakukan peninjauan serbuan vaksinasi, PPKM dan Isolasi Terpusat (Isoter) di wilayah DIY, dan selalu mendapat laporan bahwa di tempat tersebut kekurangan Nakes.

Adapun, upacara pemberangkatan dipimpin langsung Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Tugas Ratmono. Dalam sambutannya Kapuskes TNI mengatakan, penugasan lanjutan ke Yogyakarta ini merupakan suatu kehormatan bagi Prajurit Siswa Pa PK TNI Khusus Tenaga Kesehatan.

"Negara sangat membutuhkan tenaga serta dedikasi kalian, karena kalian adalah garda terdepan dalam menghambat laju penularan Covid-19 di Tanah Air. Saya atas nama Panglima TNI mengucapkan apresiasi dan terimakasih serta penghargaan yang tinggi, dan saya juga mengucapkan terimakasih hingga saat ini semua Perwira Siswa masih dalam keadaan sehat," ungkap Kapuskes TNI.

Dia menegaskan TNI berkomitmen membantu pemerintah untuk mempercepat vaksinasi dengan mengerahkan segenap kemampuan dalam rangka menghambat laju penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Sebelumnya, Panglima TNI telah menepati janji dengan mengirimkan 176 nakes ke Wisma Atlet untuk wilayah Jabodetabek saat melaksanakan Sidak di Rusun Nagrak, Jakarta Utara.

Dukungan 176 Nakes tersebut terdiri dari Dokter umum 120 orang, Dokter gigi 20 orang, Keperawatan 8 orang, Farmasi Apoteker 12 orang, Fisoterapi 4 orang, Radiologi 2 orang, Kesehatan lingkungan 1 orang, Gizi 4 orang, Elektro medis 1 o?ang, Perawat gigi 1 orang, Analisa medis 2 orang dan Rekam medis 1 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper